Tak Usah Terburu Potong Tarif

6

Beberapa tahun belakangan ini, pemerintah terus berupaya untuk mengejar target penerimaan pajak di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mengeluarkan kebijakan insentif dan disinsentif di bidang perpajakan.

Yang terbaru misalnya, pemerintah berencana untuk menurunkan tarif pajak penghasilan (PPh) badan. Secara umum, saya mendukung langkah pemerintah ini. Menurut saya strategi ini merupakan upaya pro aktif dari pemerintah untuk menemukan potensi pajak dan memperluas basis pajak.

Tapi, akan lebih baik bila penurunan tarif PPh badan ini tidak diimplementasikan pada tahun ini. Sebab, untuk saat ini kepatuhan wajib pajak badan masih terbilang rendah. Buktinya, masih banyak wajib pajak badan yang belum patuh dalam membayar pajak.

Sebenarnya, tarif pajak bukanlah isu utama di Indonesia. Artinya, business comptetitive dan tax compliance tidak dipengaruhi oleh besaran tarif pajak.

Menurut saya, isu perpajakan di Indonesia adalah soal kemudahan administrasi, kepastian hukum dalam perpajakan dan penghargaan atau reward.

Kalau pemerintah ingin menurunkan tarif pajak, akan lebih menarik bila yang diturunkan adalah tarif PPh orang pribadi. Dengan catatan, lapisan masyarakat yang menjadi wajib pajak diperlebar. Pemerintah juga harus tepat dalam menetapkan kriteria wajib pajak yang mejadi sasaran. Ambil contoh rencana penerapan pajak bagi rumah dengan harga diatas Rp 2 miliar. Seharusnya, pemerintah menerapkan kebijakan pajak dengan batasan harga per meter persegi saja, bukan batasan harga rumah total. Sebab, Rp 2 miliar di Jakarta dan di daerah akan berbeda.

Oleh sebab itu, kebijakan pemerintah untuk perluasan basis wajib pajak itu sudah dilakukan. Tetapi, pemerintah harus selektif dalam mengeluarkan kebijakan, jangan terlalu agresif.

Pemerintah juga harus mempertimbangkan sasaran dan kemudahan administrasinya, agar tidak kontradiktif dengan upaya unntuk melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi pajak.

 

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: