Pemerintah Diimbau Jangan Tahan Restitusi Pajak

4Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah diminta tidak memainkan cara lama dengan menahan restitusi untuk mengamankan target penerimaan pajak tahun ini di tengah sinyal perlambatan ekonomi yang semakin menguat.

Wakil Ketua Umum Bidang Moneter, Fiskal, dan Kebijakan Publik Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Hariyadi Sukamdani mengatakan langkah penahanan restitusi pada akhirnya akan mengganggu cashflow pengusaha sehingga mengganggu kinerja ekspor.

“Itu akan berdampak pada ekspor karena modal kerja kita ditahan,” katanya kepada Bisnis.com, Senin (27/4).

Pelambatan kinerja ekspor, paparnya, pada gilirannya akan mengancam kembali pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini. Pengamanan penerimaan pajak lewat langkah tersebut juga tidak fair bagi wajib pajak.

Untuk itu, pemerintah harus memberikan kesetaraan hak antara WP dan Ditjen Pajak (DJP). Yang terjadi selama ini, DJP menuntut agar ada pembayaran pajak dengan tepat waktu. Di sisi lain, WP punya hak menuntut agar restitusi juga bisa dicairkan tanpa adanya upaya-upaya yang menghambat.

Restitusi adalah pengembalian penerimaan pajak dari negara kepada WP apabila jumlah pajak yang dibayar lebih besar daripada jumlah pajak yang terutang. Artinya, jika ada pengajuan restitusi yang tidak dicairkan, biasanya dihitung dalam penerimaan negara.

 

Sumber: Bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: