Pasar Guncang, Presiden Minta Dukungan Pebisnis

indexBuy back saham BUMN, pemerintah juga akan men-deruglasi aturan yang hambat pengusaha.

BOGOR. Pasar keuangan terguncang. Performa rupiah kemarin (@4/8) jatuh, bahkan di pasar spot, mata uang Garuda itu tembus Rp 14.000 per dollar AS. Kondisi ini dipengaruhi dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang juga ambles, ke level 4.163.

Mengumpulkan pengusaha, utamanya perusahaan yang mejeng di bursa, pemimpin perusahaan negara (BUMN) serta para menteri di Istana Bogor, kemarin (24/8). Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupaya meyakinkan mereka bahwa kondisi pasar keuangan Indonesia saat ini merupakan imbas dari krisis global.

Total kopral, ada 55 undangan, termasuk di dalamnya 30 pengusaha dan direktur utama perusahaan swasta dan BUMN. Tampak diantara mereka, Fransiscus Welirang (Indofood), Harry Tanoesoedibjo (MNC grup), Jahja Setiaatmadja (BCA), Budi Gunadi Sadikin (Bank Mandiri), James Riady (Grup Lippo), Christ Kanter (Valley), hingga Boy Thohir (Adaro).

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, Presiden Jokowi berharap pengusaha tetap percaya diri meski kondisi ekonomi buruk. Presiden juga minta pengusaha membantu pemerintah dengan tetap mendorong produktivitas usahanya.

Usai pertemuan ini, Fransiscus Welirang, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk mengatakan, upaya pemerintah mengumpulkan pengusaha sebagai langkah bagus. “Kita akan sama-sama memperbaiki ekonomi,” ujar Franky, panggilan karibnya. Selain itu, kata dia, Presiden akan melakukan deregulasi aturan yang hambat usaha.

Namun, kata pemilik MNC grup yang juga Ketua Umum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo, tak ada solusi konkrit dari pertemuan itu. “Pengusaha menunggu pemerintah merealisasikan belanja negara,” ujar dia.

Realisasi belanja pemerintah yang minim memang menjadi perhatian. Mengacu data terbaru realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015, pendapatan negara yang berhasil terkumpul hingga 31 Juli 2015 sebesar Rp 771,4 triliun, 43,8% dari pagu Rp 1.761,6 triliun. Sementara realisasi belanja negara adalah Rp 931,5 triliun atau 46% dari pagu Rp 1.984,1 triliun.

 

downBuy back saham

Pemerintah yakin bisa mengatasi guncangan di pasar modal. Saat ini pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 10 triliun untuk membeli kembali (buyback) saham-saham perusahaan pelat merah. Menteri BUMN Rini Soemarmo, buyback akan mulai dilakukan Selasa (25/8) ini.

Tanpa mengatakan emiten yang akan buyback, Rini bilang, ada 13 saham yang diincar. Namun, pemerintah masih memastikan saham-saham mana yang jadi prioritas. Pemerintah akan memprioritaskan saham BUMn yang mengalami penurunan harga. Saham dengan penurunan paling bsar jadi prioritas buyback.

Catatan KONTAN, saat ini ada sekitar 29 BUMN yang tercatat di bursa efek. Antara lain PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bank BNI Tbk (BBNI), PT Bank BRI Tbk (BBRI), PT Bank BTN Tbk (BBTN), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), PT Indofarma Tbk (INAF), dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Secara year to date (Januari – Agustus), saham-saham BUMN mengalami penurunan harga. Penurunan terbesar dialami Indofarma (62,57%), PT Timah (57,08%), PT Bukit Asam (56,97%). Adapun saham perusahaan BUMN yang masih positif Waskita Karya (9,22%) dan Jaya Ancol (23,94%).

 

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: