Eksplorasi Minim, Industri Minerba Mulai Suram

truk-batubaraJAKARTA. Indonesia Mining Association (IMA) berharap pemerintah mendukung eksplorasi pertambangan mineral dan batubara. Sebab dalam 10 tahun terakhir ini cadangan pertambangan terus menurun. Bila tidak dilakukan, cadangan baru mineral di Indonesia akan terus berkurang.

Milawarma, Vice Chairman Indonesia Mining Association (IMA) yang juga Direktur Utama PT Tambang Batubara Bukti Asam (PTBA) Tbk, berpendapat, ada beberapa masalah yang tengah menerpa industri pertambangan. Tantangan tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi sudah menjadi masalah dunia. “Masalah industri pertambangan sekarang adalah penurunan cadangan dan harga,” ujarnya dalam pembukaan pameran Mining Indonesia 2015 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (9/9).

Dia menjelaskan saat ini perusahaan pertambangan yang beroperasi di Indonesia kekurangan aktivitas eksplorasi. Bahkan dalam catatan IMA, dalam 10 tahun terakhir nyaris tidak ada kegiatan eksplorasi yang menghasilkan cadangan baru. Akibatnya, tidak ada peningkatan cadangan mineral dan batubara. Sementara, aktivirtas produksi yang terus berjalan dan meningkat. “Perlu ada rekonsiliasi antara perusahaan tambang dan pemerintah untuk menghadapi kondisi in,” tuturnya.

Soal masalah penurunan harga komoditas, Milawarma mengakui hal ini memang sulit dihindari. “Paling terpukul pertambangan batubara, sejak tahun 2011 harga sulit bangkit, hingga sekarang di bawah US$ 60 per ton,” ujarnya.

 

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: