Wisatawan Asing akan Dapat Insentif

indexJAKARTA. Pemerintah terus berupaya memperbaiki iklim bisnis dan pariwisata di dalam negeri. Setelah beberapa waktu lalu menerbitkan kebijakan penambahan jumlag negara bebas visa dan memangkas proses perizinan singgah bagi kapal wisata asing di Indonesia, kali ini pemerintah kembali berencana mengeluarkan sejumlah kebijakan di sektor pariwisata.

Beberapa kebijakan itu, pertama, kemudahan di bidang kepabeanan, keimigrasian, karantina, dan kepelabuhan bagi kapal wisata asing yang ingin singgah dan masuk ke pelabuhan di dalam negeri. Kemudahan ini dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 105 Tahun 2015 tentang Kunjungan Kapal Wisata Asing ke Indonesia.

Kedua, insentif bagi warga negara asing yang ingin menggelar pertemuan, konvensi dan pameran (MICE) di Indonesia. Bentuk insentifnya berupa pembebasan visa on arrival (VoA) yang selama ini dikenakan kepada seluruh warga asing yang menggelar kegiatan MICE di Indonesia.

Aturan pembebasan itu akan dimasukkan dalam revisi Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2015 tentang Bebas Visa Kunjungan yang ditargetkan akan selesai Oktober ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, insentif bagi para pebisnis asing itu diberikan dengan beberapa pertimbangan. Salah satunya lantaran dalam Undang-Undang, kegiatan MICE masuk dalam kegiatan pariwisata. Selain itu, hingga kini warga asing yang masuk ke Indonesia masih dikenakan VoA. “Jadi nanti tidak perlu lagi ditarik ongkos (VoA) US$ 35,” kata Arief, akhir pekan lalu.

Catatan saja, pungutan biaya VoA terhadap warga negara asing yang telah ditetapkan menjadi negara dalam daftar penerima bebas visa beberapa waktu lalu masih terjadi.

Diana, turis asal Amerika Serikat yang datang pada 3 Agustus 2015 harus merogoh US$ 140 untuk membayar biaya VoA empat orang anggota rombongannya.

Arief biang, pemerintah berjanji akan segera menghapus biaya VoA bagi warga asing yang melakukan kegiatan bisnis atau menggelar kegiatan MICE. “Kalau kemarin masih tarik, saya mohon maaf, tapi Oktober ini kami usahakan itu dihilangkan,” katanya.

Catatan saja, pemerintha tengah mendorong kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Bahkan, upaya mendongkrak kunjungan wisatawan asing ini masuk dalam Paket Kebijakan Ekonomi Tahap I yang dirilis pemerintah awal September 2015 lalu. Melalui, kebijakan mendongkrak wisatawan asing ini, pemerintah berharap bisa meraup pundi-pundi cadangan devisa.

 

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: