Minim Pengetahuan Saat Produk Ilegal Kian Merebak

imagesPedagang elektronik di Harco Mangga Dua meminta ada sosialisasi produk-produk ilegal yang tidak boleh dijual dipasaran. Sebab, banyak pedagang elektronika tidak bisa membedakan mana produk legal dan mana produk ilegal.

JAKARTA. Keinginan pemerintah menetibkan produk ilegal mendapat dukungan dari pedagang elektronika di Harco Mangga Dua. Namun, sebelum penertiban, pedagang minta pemerintah melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Wakil Ketua Asosiasi Harco Mangga Dua Computer Center (HMCC) Eddie Lieferdian Hasan Bilang, tak semua pedagang elektronika bisa membedakan mana produk legal dan mana yang ilegal. Bahkan, ada pedagang yang hanya menjual produk importir tanpa tahun produk itu sesuai aturan atau tidak, “Saat dirazia, pedagang tidak tahu apa-apa itu kaget,” kata Eddie, Selasa (27/10).

Selain pedagang rugi karena penyitaan, sebagian pedagang lain juga rugi karena tutup akibat razia. “Jika tetap buka, pasar sepi,” kata Silvy, pedagang komputer Central PC di Harco Mangga Dua.

Tak hanya di Harco Mangga Dua, kepanikan akibat isu razia terjadi di Mangga Dua Mall. Ada belasan toko kamera di mal ini sempat tak beraktivitas. “Sempat ada pendataan di salah satu toko, pedagang kemudian panik dan tutup karena mengira ada razia,” jelas Riki, petugas keamanan Mall Mangga Dua.

Kondisi ini dibenarkan Santo, pegawai di toko Nextcaam di Mal Manggar Dua. Menurut Santo, karena tutup, sebagian pedagang tak memperoleh pendapatan.

Terkait rencana razia produk ilegal ini dibenarkan Widodo, Direktur Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan. Ia bilang, ada banyak akses masuk produk ilegal ke Indonesia. “Ada kemungkinan, produk ilegal itu beredar di pasar,” kata Widodo.

Dari Januari – September 2015, Direktorat Jenderal Bea Cukai menemukan 129 kasus elektronika ilegal senilai Rp 74,6 miliar. Angka ini naik ketimbang periode yang sama tahun 2014 sebanyak 96 kasus senilai Rp 41,6 miliar.

Terkait pelaksanaan razia, Widodo enggan menyebutkannya. Ia hanya bilang, razia dilakukan di toko modern dan pasar tradisional.

 

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: