Pebisnis E-Commerce Tolak Pajak Cuma-Cuma

Jakarta – Para pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) menolak wacana pemerintah yang berniat untuk menerapkan aturan pajak cuma-cuma bagi pelaku bisnis e-commerce dengan model tertentu. Jika tetap dipaksakan, pemberlakuan pajak tersebut diyakini akan memberatkan pelaku bisnis e-commerce lokal dan bisa kalah bersaing dengan bisnis asing sejenis.

Selain telah dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10%, pemerintah tengah mewacanakan bahwa bisnis e-commerce dengan beberapa model tertentu akan dikenakan pajak cuma-cuma. Realisasinya, pajak cuma-cuma misalnya akan diberlakukan pada iklan baris online dan marketplace yang sebagian besar jasanya dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis.

CEO Bukalapak.com Achmad Zaky mengatakan, wacana pemerintah terkait pengenaan pajak cuma-cuma sangat naif dan jelas akan memberatkan para pelaku e-commerce Indonesia. Bahkan, hal itu dinilainya bisa membuat aplikasi berbasis internet (over the top/OTT) asing lebih berkembang, dan sebaliknya akan membunuh e-commerce lokal.

Sebab, OTT asing banyak belum yang memiliki badan usaha tetap (BUT) di Indonesia, sehingga akan luput dari pengenaan pajak tersebut. Otomatis, para pelapak dan pemilik bisnis e-commerce lokal akan lebih suka beralih dan berjualan melalui OTT asing, seperti Facebook, Watsapp, dan sejenisnya, karena tak dikenakan pajak.

“Pajak cuma-cuma semuanya gak setuju. Soalnya parah banget, dihitung dari cost gitu. Misalnya cost Rp 50 miliar, kita bayarnya Rp 5 miliar. Misalnya, kita beli laptop untuk kerja, kita kan udah bayar PPN, kena lagi 10%, jadi dobel. Masalahnya, kena ke lokal doang. Takutnya, kita digituin, kita jadi less competitif. Pelapak-pelapak ini jualannya bisa ke Facebook, Watsapp, dan lainnya,” kata Achmad di Jakarta, Selasa (12/4).

Sumber: beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: