Aturan DJP bisa intip kartu kredit buat omzet perusahaan MLM menurun

Ketua Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Djoko Hartanto Komara memperkirakan omzet perusahaan penjualan langsung atau Multi Level Marketing (MLM) di 2015-2016 menurun dari 2014 yang mencapai Rp 12 triliun. Hal ini dikarenakan adanya pelemahan ekonomi global yang sempat melanda berbagai negara di dunia.

Selain itu, kebijakan pemerintah mengenai pengawasan kartu kredit juga memberikan dampak negatif dari pertumbuhan penjualan langsung. Sebab, kebanyakan dari konsumen penjualan langsung adalah pemakai kartu kredit.

Dengan adanya kebijakan ini, maka banyak konsumen yang menahan pembelian lantaran takut transaksinya diintip oleh Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak).

“Di APLI ada 85 anggota aktif perusahaan penjualan langsung. Tahun 2014 omzet kita disekitaran Rp 12 triliun. Tapi di 2016 ini diperkirakan menurun karena kebijakan kartu kredit itu. Bahkan saya memperkirakan omzetnya tidak sampai dua digit,” kata Djoko di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (3/6).

Biasanya, pertumbuhan keuangan perusahaan penjualan langsung sudah mulai tumbuh di kuartal II. Namun, dengan adanya penurunan ini maka APLI akan mengupayakan berbagai cara agar pertumbuhan penjualan langsung bisa kembali membaik.

Seperti pelatihan pekerja penjualan langsung dan promosi dari produk-produk yang dijual guna meningkatkan penghasilan. “Kita harapkan 2016 ini pertumbuhannya baik. Harapan kita lebih naik dari tahun sebelumnya, tapi kalau untuk mencapai dua digit saya masih pesimis,” imbuhnya.

Sumber: Merdeka.com

Penulis : Siti Nur Azzura

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: