Bos pajak: Jangan takut, pengguna kartu kredit tidak dipajaki

tax

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mewajibkan perbankan melaporkan data transaksi kartu kredit nasabahnya. Kebijakan tersebut dikeluarkan pada 22 Maret 2016 melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2016 tentang Rincian Jenis Data dan Informasi Serta Tata Cara Penyampaian Data dan Informasi yang Berkaitan dengan Perpajakan.

Dengan demikian, sebanyak 23 entitas penyedia layanan kartu kredit, baik dari perbankan maupun lembaga jasa keuangan, diwajibkan melaporkan data dan transaksi kartu kredit kepada Ditjen Pajak.

Hal ini menimbulkan keresahan dari para nasabah pemegang kartu kredit. Muncul kekhawatiran dari para nasabah, transaksi mereka akan berdampak pada pembayaran pajak. Keresahan itu juga disinyalir menjadi alasan banyaknya penutupan dan permintaan penurunan batas kredit dari para nasabah.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, Ken Dwijugeastiadi menegaskan bahwa institusinya mendukung penuh transaksi non tunai dan tidak menghalangi masyarakat menggunakan fasilitas kartu kredit.

“DJP sangat mendukung transaksi cashless, kita tidak menghalangi orang menggunakan kartu kredit. Pengguna kartu kredit tidak dipajaki, nasabah kartu kredit itu nasabah peminjam,” kata Ken di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (10/6).

Ken meminta masyarakat untuk tidak takut menggunakan kartu kredit, meski ada aturan baru tersebut. Justru Ken mendorong masyarakat untuk menggunakan kartu kredit karena dalam transaksinya, nasabah sudah berkontribusi pajak. Pasalnya, pengguna kartu kredit sudah dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPn).

“Masyarakat jangan takut gunakan kartu kredit. Justru pengguna kartu kredit ini sudah berkontribusi pajak, ada PPn tho,” imbuh Ken.

Mengenai kerahasiaan data nasabah, Ken menegaskan data nasabah yang diperoleh Ditjen Pajak dijamin kerahasiaannya oleh undang-undang.

“Data pihak ketiga tidak boleh diberikan kepada siapapun juga. Pembocoran data sifatnya pidana,” tutup Ken.

SUMBER: Merdeka

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaa



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: