Dari Pajak Rp 1 Triliun, Ini yang Bisa Didapat Rakyat

Hasil gambar untuk penerimaan pajakTEMPO.CO, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan oleh masyarakat apabila wajib pajak patuh membayar pajak. Menurut dia, penerimaan pajak sebesar Rp 1 triliun per tahunnya akan dapat mendukung pembangunan dan perekonomian di berbagai bidang.

“Rp 1 triliun sama dengan 3.541 meter jembatan. Itu juga sama dengan 155 kilometer jalan. Selain itu, kita juga bisa membayar gaji 9.400 guru senior atau 10 ribu Polri selama setahun,” kata Sri Mulyani dalam sosialisasi tax amnesty kepada para notaris dan pengacara di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu, 23 November 2016.

Dengan Rp 1 triliun penerimaan pajak tersebut, menurut Sri Mulyani, beras juga dapat diberikan bagi 729 ribu rumah tangga sasaran. Selain itu, 93 ribu ton benih juga dapat diberikan kepada petani. Penerimaan pajak Rp 1 triliun pun, menurut Sri Mulyani, dapat digunakan untuk menyalurkan 306 ribu ton pupuk bersubsidi.

Selain untuk belanja kementerian dan lembaga, menurut Sri Mulyani, penerimaan pajak juga dialokasikan untuk transfer ke daerah. Dia berujar, Rp 1 triliun anggaran yang ditransfer ke daerah sama dengan 50 rumah sakit atau membayar tunjangan profesi 23.585 guru dalam setahun.

Dana transfer ke daerah sebesar Rp 1 triliun, menurut Sri Mulyani, juga dapat digunakan untuk memberikan bantuan operasional sekolah (BOS) kepada 1,25 juta murid Sekolah Dasar (SD) dalam setahun. “Rp 1 triliun juga sama dengan 4,2 juta jaminan persalinan bagi ibu hamil. Dengan itu, bayi yang dilahirkan akan sehat,” katanya.

Selain itu, penerimaan pajak sebesar Rp 1 triliun yang ditransfer ke daerah bisa juga digunakan untuk memberikan puskesmas-puskemas 2.018 bantuan operasional kesehatan (BOK). Dana sebesar itu, menurut Sri Mulyani, juga dapat dimanfaatkan untuk 2.144 akreditasi rumah sakit yang tersebar di Indonesia.

ANGELINA ANJAR SAWITRI

Sumber: Tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: