Laju Jualan Mobil Suzuki Makin Melambat

Hasil gambar untuk mobil suzukiJAKARTA – Tak seluruh agen pemegang merek (APM) mobil Jepang tersenyum menatap penjualan mobil di Indonesia. Seperti APM merek Suzuki yang belakangan harus menerima angka penjualan yang terus mengecil.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Suzuki sejak 2013 terus mengendur. Jika tahun 2013 Suzuki mencatat pangsa pasar 13,33%, tahun 2015 pangsa pasarnya tinggal 12,02%.

Bahkan, sampai November 2016, pangsa pasar Suzuki untuk pertama kali dalam beberapa tahun terakhir bawah 10% atau 8,57% dengan penjualan 83.539 unit. Kondisi ini mengkhwatirkan, apalgi pasar mobil stagnan.

Emir Reza Isnafi, Public Relations PT Suzuki Indombil Sales (SIS) selaku APM mobil Suzuki di Indonesia mengamini kondisi pasar tersebut. “Memang kondisi “kue” (porsi pasar) kami berkurang,” kata Emir, kepada KONTAN, Senin (2/1).

Dari sisi nilai, penurunan penjualan Suzuki terlihat dalam laporan keuangan induk usahanya PT Indomobil Sukses Internasional (IMAS). Di kuaratal ke -III 2016, pendapatan PT Suzuki Indomobil Sales tercatat Rp 310 miliar, turun 4% ketimbang pendapatan periode yang sama tahun 2015 senilai Rp 323 miliar.

Penurunan itu karena penurunan pendapatan dari luar Jawa, senilai Rp 149 miliar, turun ketimbang penjualan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 174 miliar. Emir berdalih, penurunan karena kondisi pasar kurang ciamik. Emir yakin, penurunan permintaan juga dirasakan APM lain.

Terkait proyeksi penjualan tahun ini, Emir enggan menjelaskan , termasuk target penjualan tahun ini. Ia hanya bilang, Suzuki berusaha mengagenjot penjualan dengan melakukan inovasi. “Kami tetap berinovasi, dengan meluncurkan produk baru tahun ini, jadi tunggu saja,” kata Emir.

Mobil baru yang akan diluncurkan oleh Suzuki ada di segmen multi purpose vehicle  (MPV). Kabar yang beredar di kalangan otomotif, Suzuki akan meluncurkan varian terbaru MPV Ertiga.

Sebagaimana diketahui, Ertiga adalah tulang punggung Suzuki di Indonesia. Sampai November 2016, penjualan Ertiga berkontribusi 34,3% dengan penjualan 28.721 unit. Setelah itu menyusul penjualan APV sebanyak 17.563 unit dengan kontribusi 20%.

Penulis: Agung Hidayat

Sumber: Harian Kontan, 4 Januari 2017

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: