PPh final atas sewa tanah dan bangunan dievaluasi, ini pendapat pengamat pajak

PPh final atas sewa tanah dan bangunan dievaluasi, ini pendapat pengamat pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan mengevaluasi pemberlakuan pajak penghasilan (PPh) final atas sewa tanah dan bangunan. Pengamat pajak dari Danny Darussalam Tax Center (DDTC), Darussalam mengatakan, terkait dengan evaluasi PPh final atas sewa tanah dan bangunan, harus meninjau beberapa hal.

Pertama, mekanisme PPh final pada umumnya memang dilakukan sebagai upaya memberikan kemudahan administrasi dan meningkatkan kepatuhan pajak. Salah satunya dalam hal terdapat penghasilan dari sewa-menyewa tanah dan bangunan.

Namun demikian, Darussalam bilang, seiring dengan semakin mudahnya otoritas pajak memperoleh informasi atas profil dan transaksi wajib pajak dalam rangka pengawasan kepatuhan, relevansi PPh final tentu perlu ditinjau kembali.

Kedua, mekanisme PPh final pada dasarnya berpeluang untuk menimbulkan policy gap. “Artinya pungutan pajak tidak optimal dan/atau merefleksikan aktivitas ekonomi di sektor tertentu karena adanya skema PPh final yg notabene berbeda dengan skema dengan tarif umum,” kata Darussalam kepada Kontan.co.id, Senin (31/8).

Ketiga, khusus untuk pembedaan antara wajib pajak orang pribadi dan badan, Darussalam mengimbau DJP perlu hati-hati karena adanya pembeda tersebut justru bisa mendistorsi perilaku pasar dan mendorong tax planning.

Sumber: kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: