China Menaikkan Pajak Penjualan Rokok

6BEIJING. Pemerintah China menaikkan pajak penjualan rokok lebih dari dua kali lipat dari 5% menjadi 11%. Kenaikkan pajak ini berlaku mulai Minggu (10/5).

Pajak rokok baru ini akan menambah 0,005 yuan per batang dari tarif sebelumnya. Pajak 5% yang berlaku sebelumnya diterapkan pada tahun 2009 bersamaan dengan pajak produksi rokok. Menurut salah seorang pejabat Kementerian Keuangan China, kenaikan pajak ini akan menambah pendapatan negara sekitar 20 miliar yuan (Sekitar US$ 3,2 miliar) pada tahun ini.

Tapi, dampak pajak rokok ini tak terasa bagi konsumen. “Sehari setelah pengumuman, regulator tembakau mengatakan tak akan menaikkan harga jual,” kata Jiang Yuan, Direktur National Tobacco Control Office kepada Caixin Media, akhir pekan lalu.

Maklum, regulator tembakau di China adalah State Monopoly of Tobacco Administration. Lembaga ini pula yang mengoperasikan China National Tobacco Corp, produsen rokok terbesar di dunia.

Lantaran regulator dan operator rokok berada di tangan satu lembaga, harga rokok di tingkat pengecer kemungkinan tak terpengaruh. Lagi pula, China Tobacco mensubsidi harga rokok, kendati bisa mengurangi labanya.

Sebagai gambaran, tiap tahun, perusahaan pelat merah ini membagi 20% kepada pemerintah. Menurut laporan keuangan terakhir yang dipublikasikan, China Tobacco mencetak laba bersih 165 miliar yuan atau setara US$ 26,6 miliar pada tahun 2012.

Toh, World Health Organization menyambut baik kenaikan pajak ini. “Yang lebih penting adalah agar pajak ini mempengaruhi harga ritel,” kata Bernhard Scwartlander, perwakilan WHO di China kepada Bloomberg.

Pakar kesehatan China optimistis, kenaikan pajak yang sekarang akan mempengaruhi harga ritel. “Saya berharap lebih banyak orang tak mampu membeli,” kata Xu Guihua, Deputi Direktur Chinese Association on Tobacco Control.

Kenaikan pajak terakhir ini dilakukan beberapa bulan seblum Li Keming lengser dari posisi Deputi Direktur Regulator Tembakau. Li Keming merupakan saudara Perdana Menteri China, Li Keqiang.

Li Keming terlibat di State Monopoly of Tobacco Administration dalam 30 tahun terakhir. Mundurnya Li Keming merupakan sinyal atas upaya China menurunkan konsumsi rokok.

 

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: