Giliran Murphy Oil berniat Hengkang dari Indonesia

k12650320JAKARTA. Setelah Lundin Petroleum, kini giliran perusahaan minyak dan gas migas asal Amerika Serikat, Murphy Oil yang berencana hengkang dari Indonesia. Keinginan Murphy Oil keluar dari Indonesia menyusul adanya regulasi berupa pajak eksplorasi migas.

Zuldadi Rafdi, Kepala Sub Bidang Protokoler dan Kehumasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan, regulasi yang mengharuskan bayar pajak untuk blok eksplorasi ini dianggap merugikan perusahaan mereka. Meski demikian, Zuldadi tidak merinci beban pajak di blok eksplorasi yang harus ditanggung Murphy Oil. “Mereka (Murphy Oil) merasa tidak prospektif karena ada masalah regulasi pajak di wilayah eksplorasi,” terang Zuldadi kepada KONTAN, Kamis (28/5).

Mengenai masalah ini, Murphy Oil sudah mengajukan proposal pengembalian atau relinquishment blok Semai II di Papua Barat dan Blok South Barito di Kalimantan Selatan. Pengembalian pengelolaan kedua blok ini dilakukan setelah mereka gagal menemukan cadangan migas.

Elan Biantoro, Kepala Humas SKK migas membenarkan informasi ini. Selain mengembalikan dua sumur ini, Murphy Oil, berniat melepas kepemilikannya di blok Semai IV dan blok Wokam yang juga di Papua Barat. “Murphy sedang membahas pengambilalihan kepemilikan blok oleh Saka Energi Indonesia,” tambah Zuldadi.

Tender Blok Semai IV dimenangkan Murphy Oil pada 21 November 2011. KONTAN sudah berusaha mengkonfirmasi informasi ini ke kantor perwakilan Murphy Oil di Indonesia. Namun hingga berita ini turun belum ada jawaban.

 

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: