Pemerintah Minta Perusahaan Bayar THR Lebih Cepat

gesprächTEMPO.CO, Bandung — Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri meminta perusahaan memberikan tunjangan hari raya lebih cepat tahun ini. “Kalau regulasi itu seminggu, saya mengimbau agar dua minggu (lebih cepat),” katanya di Bandung, Jumat, 29 Mei 2015.

Menurut Hanif, pemberian THR lebih cepat itu untuk memberikan kesempatan kepada pekerja mempersiapkan mudik. “Biar teman-teman pekerja ini bisa mempersiapkan diri, kaitannya dengan pulang kampung, mudik, dan segala macam.”

Menurut Hanif, permintaan ini masih bersifat imbauan. “Kadang orang beli tiket sebulan sebelumnya sudah habis, makanya itu saya mengimbau. Kalau bisa dilaksanakan, sangat baik.”

Adapun Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat Hening Widiatmoko meminta supaya Kementerian Ketenagakerjaan segera mengirim surat edaran berkaitan dengan pembayaran THR itu. “Surat edaran dikirim lebih awal agar bisa menyebar ke daerah-daerah dan perusahaan supaya lebih siap dari awal untuk pembayarannya,” ujarnya.

Hening mengatakan dinasnya rutin membuka posko pengaduan bagi pekerja yang ingin mengadukan perusahaannya yang lalai dalam pembayaran THR. Jika pembayaran THR diminta dipercepat, posko akan dibukanya lebih awal. Tahun lalu masih ditemukan sejumlah kasus terkait dengan pembayaran THR. Di antaranya, melewati hari terakhir pembayaran THR, pembayaran dengan dicicil, hingga perusahaan tidak membayar THR.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat Deddy Widjaya mengatakan mayoritas industri kemungkinan memang akan membayarkan THR lebih cepat. “Imbauan itu dilaksanakan juga lebih bagus karena sekarang lagi sepi. Jadi memang banyak perusahaan mau mempercepat (pembayaran THR) supaya libur diperpanjang,” tuturnya. Dengan meliburkan karyawan lebih cepat akan meringankan beban perusahaan.

 

Sumber: Tempo

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , ,

1 reply

  1. saya seorang karyawan rumah makan di cihamplas bandung,kami bekerja sudah 11 bulan dan habis kontrak bln agustus 2015.
    tp sampai hari ini kami blm mendapatkan THR dengan alasan “kalian akan dapat THR setelah menjadi karyawan”
    jadi apa yg harus kami lakukan
    terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: