Lebaran, Permintaan Kain Menurun

kain

JAKARTA,KOMPAS – Menjelang Idul Fitri, sejumlah pedagang di kawasan sentra produsen kain di Cipadu, Tangerang, Banten, mengalami penurunan omzet yang cukup signifikan. Menurunnya daya beli masyarakat membuat pasar sepi dibandingkan dengan biasanya. Pembaruan motif menjadi cara untuk menarik kembali minat pengunjung.

Zulkarnain (29), penjual kain di kawasan KH Hasyim, Cipadu, Tangerang, mengatakan, puncak penjualan kain untuk momen Idul Fitri biasanya terjadi dua bulan sebelum hari raya. Pembelinya adalah pengusaha konveksi yang akan mengolah kembali kain tersebut menjadi pakaian.

“Jadi, saat puasa, tren penjualan memang akan menurun dibandingkan hari normal. Kini, kain sudah dijual ke pasar dalam bentuk pakaian jadi,” katanya.

Namun, pada masa puncak tahun ini, kata Zulkarnain, penjualan kain di tokonya tidak sepesat tahun lalu. Bahkan, penurunannya bisa mencapai 30 persen. Tahun lalu, ia bisa meraup omzet Rp 50 juta per bulan. Saat ini, penjualan turun menjadi sekitar Rp 30 juta per bulan.

Mursyd Noor (65), pengusaha kain di lokasi yang sama, mengatakan, menjelang Lebaran ia mengalami penurunan omzet yang signifikan. Dua bulan sebelum Lebaran, Mursyd memperoleh omzet sekitar Rp 5 juta per hari, sedangkan memasuki bulan puasa omzetnya turun menjadi Rp 500.000 per hari.

Pengelola toko kain Paristex, Putra Ari Purnama (18), mengatakan, kecenderungan menurunnya omzet penjualan jelang Idul Fitri merupakan hal yang selalu terjadi setiap tahun. Bulan lalu, ia mampu memperoleh Rp 210 juta. Namun, satu bulan menjelang puasa, omzetnya menurun jadi Rp 150 juta per bulan.

“Saat ini pendapatan masyarakat tersita oleh biaya kebutuhan primer yang terus meningkat sejak awal tahun. Makanya barang yang dianggap kebutuhan sekunder dikesampingkan dulu seperti tekstil dan elektronik,” kata Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia Ade Sudrajat di Jakarta.

Sumber: Kompas

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: