Pasar Jeblok, Kinerja Unitlink Saham Keok

3JAKARTA. Kinerja unitlink pada separuh pertama tahun ini belum bisa lepas dari paparan kondisi pasar modal yang berat. Terutama bagi unitlink saham berdenominasi rupiah.

Analis Infovesta Utama, Praska Putrantyo mengatakan, indeks pasar modal secara year to date hingga akhir Juni 2015 masih mencatatkan kinerja negatif. Ini menyebabkan return unitlink selama enam bulan pertama 2015 tertekan. “Terutama di saham yang masih minus cukup besar,” kata Praska, pekan lalu.

Di periode itu, Indeks Harga Saham Gabungan mencatatkan minus 6,05%. Hal yang sama terasa di Indeks Infovesta Balanced Fund Index yang kinerjanya negatif 4,4%. Sementara Infovesta Equity Furid Index malah anjlok lebih dalam yakni minus 9,55% hingga akhir Juni 2015 lalu.

Indeks yang masih mencetak kinerja positif adalah indeks berbasis obligasi. Indeks Infovesta Corporate Bond Index misalnya, menjadi yang paling kinclong dengan return sebesar 3,84%. Dua indeks lain yakni Infovesta Fixed Income Fund Index dan Infovesta Government Bond Index tumbuh positef dengan masing-masing return 1,86% dan 2,06%.

Infovesta mecatat, dari sepuluh besar unitlink saham berkinerja terbaik selama semester pertama 2015 ini, hanya empat produk yang return-nya positif. Kinerja tertinggi dicatatkan produk Panin MUL USD Aggressive Fund dengan return mencapai 15,46% hingga Juni 2015. Sedangkan, untuk produk unitlink pendapatan tetap, Infovesta mencatat kinerjanya lebih merata.

Masih jebloknya kinerja unitlink berbasis saham tentu mengecewakan nasabah produk asuransi berbalut investasi ini. Tapi, nasabah tak perlu buru-buru memindahkan dana ke unitlink berbasis instrumen lainnya.

Praska mengatakan, pengalihan ke unitlink dengan risiko lebih kecil tapi kinerjanya lebih baik seperti unitlink pendapatan tetap memang bisa jadi pilihan. “Namun ini hanya bagi investor yang benar-benar konservatif,” kata Praska.

Nandi Hamaki, Direktur Utama Bringin Life memprediksikan, kondisi pasar modal akan membaik di semester dua ini. Dus, kinerja unitlink bakal ikut terdongkrak.

 

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: