Kesaktian Dua Kartu Sakti Belum Terbukti Ampuh

indexDana Kartu Indonesia Pintar banyak belum cair, distribusi Kartu Indonesia Sehat masih lambat

JAKARTA. Menjelang tutup tahun, realisasi berbagai program pemerintah di bidang kesejahteraan rakyat, rupanya belum seluruhnya optimal.Meski ada beberapa program yang berjalan baik, namun ada sebagian program lain yang masih tersendat.

Hanya program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang realisasi penyalurannya sudah melampaui target tahun ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengklaim, per 18 Desember 2015, realisasi penyaluran program KIP sudah sekitar 19 juta siswa atau 106% dari target yang dipatok tahun 2015 sebanyak 17,9 juta siswa. “Ini merupakan data penyampaian manfaatnya, bukan untuk distribusi kartu,”kata Anies, Senin (21/12).

Meski realisasi penyaluran manfaat dari program KIP sudah melampaui target, Anies menyatakan, belum seluruh dana program ini dicairkan. Pasalnya, kini sebagian besar dana yang telah tersalur masih terparkir di rekening siswa penerima manfaat alias belum dicairkan. Anies mengatakan, dari total jumlah penerima bantuan program KIP, sekitar 37% yang mencairkan dana bantuannya.

Catatan saja, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, pemerintah memiliki tiga program kesejahteraan yang tak lain adalah subsidi baru bagi warga miskin. Yakni program Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Keluarga Sejahtera.

Penerima bantuan program KIP adalah anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu. Besarnya bantuan pendidikan yang diberikan adalah Rp 450.000 per tahun untuk anak Sekolah Dasar (SD), senilai Rp 750.000 per tahun siswa SMP dan Rp 1 Juta per tahun untuk siswa SMA.

Masih seret

Ternyata, tak semua program peningkatan Kesejahteraan social pemerintah ini berjalan sesuai harapan. Ini terutama terjadi pada program Kartu Indonesia Sehat (KIS). Menurut Menteri Kesehatan Nila Moeloek, hingga kini distribusi KIS baru 65% dari target, sedangkan pencetakan kartu abru mencapai 75%. Sebagai catatan, tahun ini program KIS ditargetkan menjangkau sekitar 90 juta jiwa ditambah dengan 1,7 juta orang penyandang masalah kesejahteraan social (PMKS).

Sayangnya, Nila enggan merinci penyebab masih seretnya penyaluran kartu sakti dari pemerintah ini. Yang pasti, ia berharap, penyaluran KIS bisa rampung Januari 2016. “Mudah-mudahan bisa selesai (awal 2016), “ujarnya.

Selain program KIP dan KIS, tahun ini pemerintah memberikan kartu keluarga sejahera (KKS) kepada 15,8 juta Rumah Tangga Sasaran (RTS) dan 340.000 PMKS. “Hingga awal Desember ini, realisasi program ini sudah sekitar 98,1% dari target,”kata Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial. Namun, Khofifah tak merinci sebaran realisasi penerima bantuan program KKS tersebut.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP 2015), ketiga program dana bantuan peningkatan kesejahteraan social ini masuk dalam kelompok bidang pembangunan manusia dan kebudayaan. Alokasi anggaran untuk bidang ini dalam APBNP tahun 2015 mencapai Rp 254, 89 triliun.

Meski pelaksanaan program bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ini belum efektif, pemerintah tetap berkomitmen untuk melanjutkan pelaksanaan program bantuan peningkatan kesejahteraan rakyat itu di tahun 2016.

Pada program Kartu Indonesia Pintar misalnya, tahun depan pemerintah menrgetkan jumlah siswa penerima bantuan program ini meningkat menjadi 21,57 juta siswa. Sementara untuk program Kartu Indonesia Sehat (KIS), pemerintah menargetkan jumlah penerimanya naik menjadi 92,4 juta jiwa.

 

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: