Sambut MEA, BSN Menggandeng 500 Usaha Kecil

JAKARTA. Badan Standarisasi Nasional (BSN) optimistis pelaku usaha Indonesia mampu bersaing dalam implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Terlebih dengan adanya program-program berupa harmonisasi standarisasi produk maupun kemitraan dapat memperkuat daya saing pengusaha di pasar regional Asia Tenggara.

BSN mengklaim, ketimbang negara ASEAN lainnya, Indonesia lebih siap menghadapi MEA. Misalnya saja, kesepakatan ASEAN untuk mengharmonisasi 257 standar untuk sektor unggulan seperti di bidang otomotif, karet, pertanian, perikanan, dan elektronik, Indonesia sudah menyelesaikan 203 standar yang memenuhi persyaratan.

Bambang Prasetyo, Kepala BSN mengatakan, pihaknya akan kembali menjaring kemitraan dengan usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) di sejumlah daerah sebagai pemodelan contoh produk. “Kami akan kembali bermitra dengan 300-500 UMKM sebagai role model pengembangan pasar ASEAN,” kata dia, Selasa (19/1).

Pada tahun 2015 lalu, BSN bermitra dengan 312 pelaku usaha kecil untuk pembinaan kualitas produk. Pengusaha akan mendapatkan fasilitas sertifikat standar nasional Indonesia (SNI) sehingga hasil produksinya bisa bersaing di pasar ekspor ASEAN.

Rencananya, alokasi anggaran untuk program ini mencapai Rp 5 miliar dan berasal dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2016. Selain itu, BSN juga akan menambahkan fasilitas pendukung berupa pembangunan laboratorium baru di tahun ini. “Total anggaran kami tahun ini Rp 247 miliar, dari jumlah tersebut sekitar Rp 100 miliar akan dialokasikan untuk pembangunan laboratorium standarisasi,” ujar Bambang.

Jumain AP, Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi mengatakan, dalam menghadapi pasar MEA, terdapat dua upaya yang akan dilakukan pemerintah. Yakni, memperbanyak produk inovasi yang dihasilkan perguruan tinggi, serta mendorong kualitas lulusan sesuai dengan kebutuhan industri.

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Masyarakat Ekonomi ASEAN

Tag:, , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: