Menkeu Beberkan Pola Penggelapan Pajak Orang RI

tax2

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, memaparkan pola penggelapan pajak yang berlangsung di Indonesia sejak dulu. Sampai ternyata ada banyak orang Indonesia yang meletakkan dana di luar negeri dengan nilai mencapai ribuan triliun rupiah.

Bambang menjelaskan, polanya adalah dengan mendirikan suatu badan dengan tujuan khusus (special purpose vehicle/SPV) di salah satu negara mitra, atau dengan berbagai cara lainnya sebagai suatu saluran atas penghasilan yang diperoleh di negara mitra lainnya.

Tujuannya  SPV atau perusahaan ‘bentukan’ ini adalah, untuk memanfaatkan dan menikmati fasilitas perpajakan yang disediakan dalam tax treaty antara Indonesia dengan treaty partner.

“Polanya biasanya dibentuk special purpose vehicle (SPV) yang ada di berbagai tempat di dunia,” terang Bambang, usai rapat kabinet terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/3/2016).

Satu negara yang disebut Bambang sebagai area penerapan pola tersebut adalah British Virgin Island. Negara ini diketahui memang dikenal sebagai tax haven country atau daerah dengan pajak sangat rendah, sehingga banyak menjadi tujuan orang Indonesia.

“Paling populer untuk Indonesia adalah British Virgin Island,” jelasnya.

Dana tersebut kemudian bisa ditempatkan pada British Virgin Island, namun juga dialirkan ke negara lain. Bambang menyatakan, sejauh ini pihaknya sudah mampu mendeteksi aliran dana tersebut.

“Kami sudah identifikasi bahwa baik banknya maupun rekeningnya,” kata Bambang.

Secara akumulasi, Bambang menyebutkan ada 2.000 SPV yang terkait dengan warga negara Indonesia. Atas dana yang ada di luar negeri, tidak ada dalam pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pajak.

“Ada 2.000 SPV yang terkait dengan ribuan nama WNI tersebut. Dan tentunya uang yang di sekian disimpan di sana belum tercatat sebagai aset yang dilaporkan di dalam SPT tahunan pajak,” tukasnya.

Sumber: Detik

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: