BBM Turun, Pangan Masih Mahal

Saat harga BBM turun, harga sejumlah komoditas berpotensi naik menjelang puasa dan lebaran

JAKARTA. Pemerintah kembali menurunkan tarif bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar mulai 1 April 2016. Sebelumnya, pada awal tahun ini, pemerintah juga telah menurunkan harga BBM bersubsidi.

Kendati harga BBM telah beberapa kali turun, harga sejumlah komoditas pangan hingga memasuki kuartal II-2106 ini terpantau masih tinggi. Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikapi) Abdullah Mansuri bilang, penurunan harga BBM harusnya berimbas pada harga pangan, terutama beras.

Pasalnya, persoalan krusial harga beras terletak pada distribusi. Selain beras, Abdullah menyebut harga bahan pokok lainnya seperti jagung, kedelai, daging, dan sayur mayur relatif stabil saat ini.

Namun, Abdullah mengingatkan, harga bisa jadi melonjak pada awal bulan puasa yang jatuh pada awal Juni 2016 atau akhir kuartal II-2016.

Ketua Koperasi Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Zulkifli Rasyid bilang, harga beras berpotensi naik menjelang puasa dan Lebaran. Ia memprediksi, kenaikan harga beras sekitar Rp 200-Rp 500 per kilogram (kg).

Ia mengambil contoh, saat ini harga beras medium di Cipinang berada di kisaran Rp 8.200 per kg. Harga tersebut turun Rp 3.00 per kg karena tengah memasuki panen raya. Demikian juga beras premium turun dari Rp 9.700 per kg menjadi Rp 9.500 per kg.

Namun menjelang Lebaran, harga akan naik rata-rata Rp 300 per kg. Kenaikan harga sangat tergantung dari kondisi panen raya saat ini. Bila panen raya ini sesuai prediksi, maka harga beras tidak naik signifikan.

Tapi bila panen saat ini tidak memenuhi ekspektasi yang ditetapkan pemerintah, maka kenaikan harga beras bisa di atas Rp 500 per kg. “Panen sekarang sangat memengaruhi kenaikan beras jelang puasa dan lebaran nanti,” ujarnya kepada KONTAN.

Kedelai dan jagung

Harga kedelai juga berpotensi naik menjelang puasa dan Lebaran. Direktur Eksekutif Asosiasi Kedelai Indonesia (Akindo) Yusan mengatakan, harga kedelai impor pada awal bulan ini berada di kisaran Rp 5.900 per kg di gudang importir, lebih rendah dari bulan lalu yang sebesar Rp 6.500 per kg. Harga kedelai lokal diprediksi di level Rp 7.000 per kg–Rp 7.500 per kg.

Yusan mengatakan, penurunan harga kedelai terjadi karena panen kedelai di Amerika Serikat (AS) masih tinggi. Indonesia mengimpor 90% kebutuhan kedelai dari AS.

Ia memprediksi, harga kedelai menjelang puasa dan Lebaran naik sekitar 10%. Kenaikan bisa lebih tinggi lagi bila  harga daging sapi naik di luar batas kewajaran. “Bila itu terjadi, konsumen beralih membeli tahu dan tempe,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Asosiasi Gula Indonesia (AGI) Agus Pakpahan mengatakan, setiap menjelang Lebaran, pasti ada kenaikan harga gula. Hal ini terjadi karena permintaan meningkat.

Ia berharap, dengan masuknya masa giling pada bulan Mei nanti, kenaikan harga gula tidak akan signifikan. “Saya prediksi harga akan meningkat. Tapi bila sudah memasuki masa giling, harga tidak akan naik drastis,” tutur Agus.

Saat ini, harga gula merah curah Rp 10.000 per kg, harga gula kristal putih Rp 8.200 per kg, gula pasir kuning Rp 8.000 per kg, dan gula curah Rp 7.000 per kg. Harga tersebut adalah harga gula untuk merek umum di pasar. Sementara harga gula pasir merek Gulaku Rp 14.600 per kg.

Hanya harga terigu yang diprediksi stabil jelang puasa dan Lebaran. Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) Ratna Sari Loppies mengaku, sudah mengantisipasi kenaikan permintaan selama puasa dan Lebaran.

Bercermin dari tahun lalu, tren permintaan terigu saat puasa dan Lebaran naik 20%. Namun, Ratna menjanjikan harga tetap stabil. “Harga terigu tidak dipengaruhi puasa atau Lebaran, tapi harga gandum internasional,” ujarnya.

Berdasarkan data Bapokstra per 4 April 2016, rata-rata harga terigu di Jakarta Rp 8.730 per kilogram (kg), sementara rata-rata harga nasional Rp 9.090 per kg.

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: