Ekspor pasir besi wajib bayar bea keluar 7,5%

JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan ekspor konsentrat pasir besi hanya tinggal menunggu restu dari Kementerian Keuangan. Saat ini ESDM sudah mengusulkan kepada Menteri Keuangan, tarif bea keluar pasir besi maksimal sebesar 7,5%.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Mohammad Hidayat mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan usulan mengenai besaran bea keluar tersebut kepada Kementerian Keuangan.

Setelah Menkeu menetapkan tarif, konsentrat pasir besi bisa diekspor. “Tinggal penetapannya saja. Kasihan mereka yang sebetulnya bisa ekspor. Makanya kami minta segera,” ujarnya, Senin (4/4).

Dia mengungkapkan, sudah sekitar tiga perusahaan yang mengajukan permohonan izin ekspor konsentrat pasir besi. Misalnya, PT Lumbung Sentosa Mineral, salah satu produsen pasir besi, telah mengajukan permohonan rekomendasi surat persetujuan ekspor konsentrat pasir besi sebanyak 400.000 ton.

Direktur Lumbung Sentosa Mineral, Ricky Gowdjali mengatakan pengajuan tersebut merupakan tindak lanjut atas terbitnya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 8 Tahun 2015. “Sekarang sudah ada ketentuannya. Sedang kita ajukan,” tuturnya.

Adapun konsep bea keluar yang diusulkan Kementerian ESDM tidak berbeda dengan konsentrat mineral lainnya, yakni maksimal 7,5%. Dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 153/PMK.011/2014 tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar menyebut apabila kemajuan pembangunan atau serapan dana investasi smelter komoditi mineral 0%-7,5%, bea keluar yang dibayarkan untuk ekspor konsentrat sebesar 7,5%.

Sementara, apabila realisasi progres smelter antara 7,5%-30% maka membayar bea keluar 5%. Sedangkan progres pembangunan smelter lebih dari 30% maka tidak dikenakan bea keluar alias 0%.

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: