Inflasi Tertinggi di ASEAN, RI Sulit Raih Investasi

JAKARTA – Tingginya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ternyata tidak diiringi dengan rendahnya indeks harga konsumen (IHK) atau inflasi. Hal inilah yang menyebabkan kesejahteraan masyarakat tidak kunjung meningkat meskipun terjadi pertumbuhan ekonomi.

“Pertumbuhan ekonomi yang tinggi kurang bermakna apabila diikuti nilai inflasi yang tinggi,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowadjojo dalam acara apresiasi kinerja program pengendalian inflasi di kantor pusat Bank Indonesia, Jakarta, Senin (25/4/2016).

Hingga akhir tahun 2015, lanjutnya, inflasi di Indonesia masih jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan lima negara pendiri ASEAN lainnya. Hal ini pun menjadi tantangan utama bagi pemerintah selain fokus terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Kalau kita lihat inflasi kita masih lebih tinggi dibandingkan anggota ASEAN lima, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura. Negara-negara itu pada tahun 2015, inflasi mencapai 2,7 persen, 1,5 persen, -0,85 persen, dan -0,6 persen,” ungkap Agus.

Akibatnya, Indonesia mengalami kesulitan untuk menggaet kepercayaan investor. Sebab, untuk memilih negara tujuan investasi, investor akan memilih negara-negara di Asia Tenggara dengan inflasi terendah.

“Negara kalau bersaing dengan negara lain, kalau punya inflasi yang lebih tinggi itu, dia menjadi kalah untuk bersaing dengan negara lain,” tandasnya.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik mencatat pada tahun 2015 terjadi inflasi di Indonesia sebesar 3,35 persen. Meskipun inflasi ini masih berada dalam target BI, namun hal ini masih belum berhasil mengalahkan inflasi di beberapa negara Asia Tenggara lainnya.

Sumber: okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: