Kehabisan Stok, Penjualan Ruko Anjlok

Prospek penjualan ruko masih positif terutama yang ada di lokasi yang sudah jadi dan ramai

JAKARTA. Pengembang property mencatat penurunan penjualan produk rumah toko alias ruko sepanjang kuartal I-2016. Namun, mereka mengklaim penurunan penjualan bukan lantaran sepi peminat maupun pembeli, tapi memang tengah kehabisan stok.

Selain itu, selama ini produk ruko jumlahnya terbatas lantaran sebagian besar hanya menjadi pelengkap proyek perumahan. Pun demikian pengembang optimis bisnis ini tetap moncer tahun ini.

Catatan jeblok nya penjualan ruko dirasakan oleh Agung Podomoro Land. Penjualan ruko emiten saham dengan kode APLN di Bursa Efek Indonesia ini merosot hingga 85% dari Rp 69 miliar di kuartal I-2015 menjadi tinggal Rp 10 miliar di kuartal I-2016. “Bukan karena penjualan yang seret, tapi karena kebanyakan ruko kami sudah terjual,” kata Indra Wijaya Antono, Direktur Pemasaran Agung Podomoro Land kepada KONTAN (3/5)

Pengembang lain yang mencatat penurunan penjualan ruko adalah PT. Ciputra Development Tbk. Dalam pos pendapatan rumah hunian dan ruko tercatat turun 25% pada kuartal I-2016. Jika kuartal I-2015 mencapai 896 miliar, periode yang sama tahun ini hanya Rp 672,45 miliar.

Harun hajadi, Managing Director Ciputra Group kepada KONTAN menjelaskan, turunnya penjualan ruko terjadi lantaran di proyek Ciputra, ruko rata-rata hanya sebagai salah satu fasilitas. Maka wajar jika pembangunan ruko di proyek property Ciputra akan menyesuaikan jumlah komposisi residensial. “Misalnya kami membangun 200 unit rumah, maka jumlah ruko yang dibangun sekitar 20 unit ruko,” paparnya.

Indra dan Harun sepakat prospek bisnis ruko masih menjanjikan ke depan. Sebab, pasar property komersial ini masih terus bertumbuh seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk menjadi wirausahawan atau memiliki bisnis sendiri.

Tempat yang ramai

Karena itulah itu, Agung Podomoro kini tengah menyiapkan proyek ruko baru. Bila tidak ada halangan, APLN akan membangun ruko di cimanggis,  Depok Jawa Barat. Tepatnya berada di proyek properti terpadu, Podomoro Golf View.

Sebelum membangun APLN rupanya sudah melego ruko berkapasitas 200 unit di kawasan itu. Hasilnya, ruko yang sudah terjual sekitar 75% dari total kapasitas yang ada.

Selain Cimanggis, pengembang ini juga akan mengembangkan proyek serupa di luar Jawa, tepatnya di Batam. Sayang, Indra tidak merinci proyek ini. Namun dari catatan KONTAN, pengembang ini punya proyek di Batam bernama Orchard Park Batam yang ada proyek ruko.

Lewat hasil ini, Indra pun optimistis penjualan ruko APLN di akhir tahun ini bakal melaju positif. Namun, ia tidak merinci besarannya.

Sementara Arum Prastati, Sekretaris Perusahaan PT Jaya Real Property Tbk, mengakui bahwa sejatinya bisnis ruko awal tahun ini tidak sebagus tiga tahun lalu. Meskipun masih ada pertumbuhan bisnis tapi tidak tinggi. Kalau misalnya ada ruko yang belum terjual. Itu berarti ada penundaan investasi.

Penyebab lain yang ia duga mengapa penjualan ruko lesu lantaran pertumbuhan harganya jauh lebih tinggi. Meskipun demikian ia memprediksi harga ruko tahun ini dan beberapa tahun ke depan tetap menanjak. “Ruko masih ada potensi kenaikan harga hingga lebih dari 10% per tahun,” kata Arum Prasasti kepada KONTAN (2/5)

Sama seperti Ciputra, pengembang ini juga membangun ruko yang berada di kawasan residensial. Salah satunya di proyek Graha Raya, di Tangerang. Tanpa merinci jumlahnya, Arum menyebut pihaknya sudah menjual habis ruko di Graha Raya berbanderol Rp 2 miliar per unit pada kuartal satu tahun ini.

Dalam pandangan Pengamat Properti Ali Tranghanda harga property jenis ruko memang masih berpotensi tumbuh positif tahun ini. Hanya saja ia memberikan catatan lokasi ruko tersebut harus berada di tempat yang strategis, artinya mudah dijangkau dan sudah ramai. Ia merekomendasikan beberapa lokasi ruko yang layak dilirik lantaran berpotensi tumbuh seperti di Kelapa Gading, Serpong, Bumi Serpong Damai. Serta real Cibubur.

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: