Dominan Ekspor, Penjualan Hankook di Pasar Lokal Minim

JAKARTA. Produsen ban global Hankook Tire mulai menikmati hasil investasi mereka di Indonesia. Namun, penjualan dari pabrik di Cikarang Jawa Barat ini mayoritas masih untuk keperluan ekspor.

Konsultan Public Relations Hankook Tire Indonesia Amanda Putri bilang, produksi ban di pabrik Cikarang saat ini 94% untuk memenuhi pasar ekspor, dan sisanya 6% diserap pasar dalam negeri.

Hanya saja Amanda tidak memperinci berapa besar tingkat keterpakaian atau utilitas pabrik mereka di Cikarang. Sebagai gambaran, pabrik di Cikarang ini awalnya memiliki kapasitas produksi 4,3 juta yang ditingkatkan menjadi 6 juta unit ban per tahun, dan tahun ini ditargetkan melonjak menjadi sekitar 12 juta unit per tahun.

Sebelumnya manajemen perusahaan ini menargetkan pangsa pasar ekspor dari pabrik ini sekitar 70%. Sementara target pasokan ke pasar global sebesar 30%. Pengoperasian pabrik di Indonesia ini memang bertujuan untuk mendukung penjualan global dari perusahaan ini.

Hanya saja, Amanda belum bisa menjawab ketika ditanya berapa besar kontribusi pabrik ban Hankook di Indonesia terhadap penjualan global, “Saya cek dulu,” kata Amanda kepada KONTAN, (8/5).

Sebagai gambaran penjualan Hankook di pasar global memang mengalami peningkatan pada kuartal I-2016. Dalam pernyataan tertulis yang diterima KONTAN pekan lalu menyebut, penjualan global perusahaan yang berkantor pusat di Korea Selatan ini mengalami kenaikan 9,4% sepanjang kuartal I-2016.

Tercatat nilai penjualan sebesar KRW 1,63 triliun atau setara dengan Rp 18,5 triliun. Sementara periode yang sama tahun lalu KRW 1,49 triliun atau setara dengan Rp 16,9 triliun. Lonjakan penjualan kepada pabrikan mobil.

Lonjakan penjualan inilah yang membuat laba operasi Hankook secara global juga naik 23,6% dari KRW 203 miliar menjadi KRW 251 miliar di kuartal pertama tahun ini.

Adapun pertumbuhan penjualan didominasi oleh penjualan pada pasar-pasar utama yakni ke kawasan Eropa dan Amerika Utara terutama di Amerika Serikat. Artinya pabrik Hankook di Cikarang Bekasi Jawa Barat, ikut andil memberikan kontribusi pada peningkatan kinerja penjualan global karena menjadi basis ekspor ban Hankook Tire untuk kawasan Amerika Utara dan juga Timur Tengah.

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: