Strategi Dongkrak Peringkat Berusaha

JAKARTA. Pemerintah menyiapkan empat langkah untuk mengoptimalkan impementasi paket kebijakan ekonomi XII, terkait kemudahan berusaha atau ease of doing business (EODB). Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, dengan empat langkah ini diharapkan pelaksanaan paket kebijakan tersebut sesuai target pemerintah.

Pertama, pemerintah akan mengacu pada kebijakan negara-negara yang memiliki peringkat 30 besar di EODB yang disurvei Bank Dunia, seperti Singapura yang duduk di peringkat pertama. “Presiden menginginkan penurunan dari ranking 109 menjadi ranking 40. Maka dari itu harus ada benchmarking. Benchamarking adalah 30 ranking negara dalam EODB,” kata Pramono, Senin (9/5).

Kedua, menjadikan DKI Jakarta dan Surabaya sebagai patokan alias role model dalam implementasi kemudahan berusaha. Menurut Pramono, daerah-daerah lain harus bisa mencontoh kebijakan dalam peraturan daerah dari kedua daerah tersebut.

Ketiga, pemerintah akan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk menyesuaikan kebijakan yang telah dikeluarkan. “Jangan sampai regulasi yang dikeluarkan tidak berjalan di lapangan, Presiden akan mengecek langsung,” ujarnya.

Keempat, Kementerian Koordinator Perekonomian dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ditugaskan untuk terus memonitor dan memantau seluruh perbaikan yang dilakukan. “Apakah sudah sesuai renana,” ujarnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh instansi betul-betul mengimplementasikan paket kebijakan jilid XII. Sebab hingga kini masih ditemui praktik pelayanan perizinan yang prosedurnya berbelit dan tidak jelas. Salah satu adalah proses pendirian perusahaan yang belum jelas prosedur, waktu selesai, dan biaya, juga berkaitan dengan proses sertifikasi tanah.

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: