Data Nasabah Bank Dibuka Untuk Pajak, Bankir Siap Ikut

Jakarta -Pemerintah berencana membuka data rekening nasabah perbankan untuk keperluan pajak. Bankir menyatakan siap jika aturan ini diberlakukan.

Memang, pemerintah berencana melakukan revisi Undang-Undang Perbankan di 2017, untuk bisa membuka data nasabah perbankan guna keperluan pajak. Selain itu, ini untuk pelaksanaan pertukaran informasi antar negara berkaitan dengan pajak, mulai 2018.

Senior General Manager Head of Consumer Card PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Santoso, mengatakan perbankan pasti siap mengikuti aturan tersebut.

“Intinya, bila secara undang-undang ini sangat jelas, tentu sebagai institusi kita harus mengikuti,” ujar Santoso di Menara BCA, Jakarta, Selasa (17/5/2016).

Jadi, semangat untuk membuat orang taat dalam membayar pajak akan didukung oleh perbankan. Apalagi bila aturan tersebut diatur dalam Undang-Undang.

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, sebelumnya mengatakan sudah banyak negara yang sudah membuka data nasabah banknya. Bahkan Swiss yang perbankannya terkenal aman, sudah mau membuka data nasabah perbankannya.

“Saya tidak mengerti kenapa kerahasiaan bank kita semakin tinggi. Karena bila tertutup kita tidak bisa menukar data dengan negara lain. Seperti dengan Singapura. Kalau mau minta data dengan Singapura kita juga harus beri data,” jelas Bambang.

 

Sumber: detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: