Pencairan JHT Melonjak, DJSN Minta Aturan Direvisi

JAKARTA. Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) meminta pemerintah untuk merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60/2015 tentang Jaminan Hari Tua (JHT). Revisi tersebut perlu agar gelombang pencairan dana JHT di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bisa berhenti.

Ketua DJSN TB Rachmat Sentika mengungkapkan, DJSN bahkan telah menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta revisi aturan tersebut. Apalagi aturan itu dinilai telah keluar dari semangat awal. “Jalan keluarnya revisi UU atau PP,” katanya Selasa (31/5).

Seperti diketahui, PP Nomor 60/2015 menggantikan PP Nomor 46/2015. Dalam aturan itu pekerja yang berhenti bekerja karena mengundurkan diri atau pemutusan hubungan kerja berhak untuk mencairkan JHT. Akibatnya tren pencairan dana JHT meningkat tajam. Data BPJS Ketenagakerjaan tercatat setelah revisi dilakukan ada 7.500 permintaan klaim pencairan JHT per hari.

Pada Januari-Maret 2016, nilai klaim yang dicairkan dari program JHT sebanyak Rp 50 miliar – Rp 55 miliar per hari. Pencairan JHT tersebut meningkat 266% dari sebelum aturan diterbitkan. Fakta lain adalah, sebanyak 5% para pekerja yang mengundurkan diri dan melakukan pencairan JHT, kembali bekerja.

Dari 42.041 peserta yang bekerja kembali setelah mencairkan JHT, 6.003 kembali bekerja di perusahaan yang sama, sementara sisanya bekerja di perusahaan lain. Pencairan JHT didominasi oleh peserta dengan masa kepesertaan 1 sampai 5 tahun, dan 5 sampai 10 tahun. Tenaga kerja yang mencairkan dana JHT sebagian besar dari golongan yang memiliki upah rendah.

Walau begitu BPJS Ketenagakerjaan mengklaim kesehatan keuangannya masih aman 99,39%. “Keuangan masih aman,” kata Direktur Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis.

Direktur Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Wahyu Widodo mengaku telah meminta masukan berbagai pihak sehingga filosofi program JHT dapat dikembalikan.

Sumber: Harian Kontan 1 Juni 2016

Penulis : Handoyo

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: