Lima Proyek Infrastruktur Prioritas Masih Terhambat

JAKARTA – Implementasi proyek prioritas nasional tak semuanya berjalan mulus. Setidaknya, ada lima proyek prioritas yang realisasinya kini masih tersendat dan butuh segera ditangani oleh Komite Percepatan Pembanguanan Infrastrukutur Pemerintah (KPPIP) dalam waktu dekat.

Kelima proyek infrastruktur prioritas yang tersendat pelaksanaannya itu adalah proyek jalan tol Trans Sumatera, proyek kilang minyak Bontang, proyek kilang minyak Tuban, proyek jalan tol Panimbang-Serang dan proyek Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan.

Direktur Program KPPIP Ranier Haryanto mengatakan, proyek jalan tol Trans Sumatera terhambat oleh kemampuan keuangan pelaksana proyek, yakni PT Hutama Karya. Pasalnya, hingga kini suntikan modal pemerintah yang dijanjikan kepada perusahaan pelat merah ini belum juga mengucur. Tahun ini PT Hutama Karya mestinya menerima penyertaan modal negara (PMN) Rp 12,7 triliun.

Sekretaris KPPIP Wahyu Utomo menambahkan, untuk mengantisipasi masalah pendanaan proyek jalan tol Trans Sumatera, pemerintah kini tengah mengkaji dua alternatif solusi. Pertama, penerbitan surat utang oleh Hutama Karya. Kedua, lewat mekanisme pinjaman langsung oleh perusahaan ke kreditur.

Untuk proyek pembangunan kilang minyak, kata Rainier, masih ada masalah teknis yang membutuhkan keputusan menteri terkait. “Kalau proyek SPAM Umbulan ada masalah yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah,” ungkapnya, Rabu (15/6).

Menurut Wahyu, sediannya pemerintah akan membahas solusi penghambat pelaksanaan proyek infrastruktur ini pada Selasa (14/6). Tapi, pembahasan itu ditunda dan akan dijadwalkan ulang.

Sumber: Kontan, Kamis 16 Juni 2016

Penulis: Agus Triyono

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: