Ditjen Pajak Yakin Bisa Tarik Pajak Google Tahun Ini

google

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak yakin bisa merealisasikan penarikan pajak dari perusahaan mesin pencari internet, Google Inc pada tahun ini. Optimisme ini disampaikan Direktur Jenderal Kemkeu Ken Dwijugiasteadi, setelah menegaskan pemeriksaan pajak atas Google segera rampung. “Selesai pemeriksaan, Google harus bayar pajak tahun ini,” ujarnya, Senin (7/11).

Ken bilang, saat ini, pemeriksaan pajak Google sudah sampai tahap pembahasan akhir hasil pemeriksaan atau closing conference. Dalam tahap ini, wajib pajak akan melakukan diskusi dengan pemeriksa terkait temuan pemeriksaan atau dalam istilah lainnya negosiasi. “Misalnya saya koreksi 10, namun mereka tidak setuju dan mereka ngomong hanya 8,” ungkapnya. Soal nilai nominalnya ke enggan menyebutkan karena masih pemeriksaan. Seperti diketahui, Google diduga melakukan penghindaran pajak selama 5 tahun terakhir. Dalam kurun waktu itu, perusahaan raksasa internet itu diperkirakan baru membayar 0,1% dari total pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai. Potensi denda untuk Google sekitar Rp 5,5 triliun.

Direktur Eksekutif Center For Indonesia Tax Analysis (CITA) Yustinus Prastowo menilai angka tersebut terlalu besar. “Saya kira tidak akan sebesar itu,” katanya. Jika angka itu diterapkan, kemungkinan besar Google akan melakukan perlawanan dengan mengajukan upaya hukum banding. Lagipula, dalam konteks ini, pemerintah juga mencari win-win solution atau negosiasi.

Meski bisa menjadi sumber penerimaan baru, Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Ditjen Pajak Yon Arsal bilang, pembayaran pajak Google tidak akan berpengaruh banyak terhadap penerimaan negara. “Google paling berapa bayarnya?” tanyanya.

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: