Layu Sebelum Berkembang

2Gejala inkonsistensi dan miskoordinasi nulai dimunculkan pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Beberapa aturan pajak yang baru saja dikeluarkan langsung dimentahkan sendiri oleh pemerintah. Jika kebiasaan ini berlanjut menjadi tradisi, target anggaran negara 2015 yang ambisius terancam gagal.

Salah satu yang masih hangat dalam ingatan adalah peraturan Direktur Jenderal Pajak Dirjen Pajak (Perdirjen) Nomor PER-01/PJ 2015 yang dirilis pada 26 Januari 2015. Lewat aturan ini, bank diwajibkan menyerahkan bukti potong pajak bunga simpanan secara terperinci untuk setiap nasabah.

Tadinya, aturan ini bakal memudahkan aparat pajak memantau kepatuhan para pemilik dana. Namun beleid ini menuai protes para bankir yang menilai aparat pajak melanggar undang-undang kerahasiaan bank. Pasca pertemuan Menteri Keuangan (Menkeu), Dirjen Pajak dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan pada 18 Februari 2015 malam, peraturan ini lantas dibatalkan. “Pertimbangannya kita memperhatikan peraturan perundang-undangan yang ada. Itu saja,” kata Menkeu Bambang Brodjonegoro kala itu.

Perdirjen Nomor PER-10/PJ/2015 tentang Tata Cara Pemungutan Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Jasa Jalan Tol juga dibatalkan sendiri pemerintah selang sehari setelah diterbitkan pada 12 Maret lalu. Berdasarkan arahan Jokowi, waktu pelaksanaan aturan tersebut, yakni per 1 April 2015 dinilai belum tepat. Skenarionya, pengenaan PPN ini diterapkan berbarengan dengan kenaikan tarif tol.

Sebagai gantinya, pemerintah akan merilis peraturan pemerintah (PP) untuk mengecualikan kendaraan golongan II keatas dari pengenaan PPN yang tadinya diatur dalam perdirjen. Dus, cuma kendaraan pribadi yang bakal dikenai PPN. “Kalau kami akan menfasilitasi truk-truk dan kendaraan-kendaraan besar, itu harus Peraturan Pemerintah,” kata Dirjen Pajak Sigit Priadi Pramudito.

 

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: