Izin Ekspor Freeport Kembali Digugat

freeportJAKARTA. Atas nama masyarakat, Trisakti dan Nawacita kembali mengajukan gugatan atas izin ekspor yang diberikan pemerintah ke PT Freeport Indonesia. Gugatan ini diajukan karena ada bukti baru atas izin ekspor pertambangan milik perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Ini adalah gugatan kedua kalinya. Sebelumnya, tanggal 28 Mei 2015 lalu, penggugat juga pernah mengajukan perubahan guagtan. Tapi, kali ini “Kami yakin memiliki bukti kuat kalau izin ekspor konsentrat Freeport melanggar Undang-Undang,” ujar koordinator tim kuasa hukum Trisakti dan Nawacita, Munathsir Mustaman, kepada KONTAN, Senin (6/7).

Bukti yang dimaksud adalah kepemilikan smelter Freeport di Gresik, Jawa Timur yang diyakini bukan dimiliki 100% oleh Freeport. “Freeport hanya memiliki saham sekitar 20% atas smelter itu, sisanya Mitshubishi,” ujar Munatshir.

Selama ini, Freeport selalu melawan gugatan dengan alasan telah membangun smelter. Lantaran adanya gugatan baru, Munatshir optimistis jika gugatannya akan dikabulkan oleh majelis hakim.

Sekadar mengingatkan, perkara dengan nomor 50/PDT.G/2015/PN.Jkt.Pst terdaftar pada 2 Februari 2015. Kala itu, Presiden Jokowi digugat atas Perbuatan Melawan Hukum karena telah meneken Memorandum of Understanding yang isinya memberikan izin ekspor kepada Freeport meskipun belum memiliki smelter di Indonesia.

Tindakan tersebut dinilai telah melanggar pasal 170 Undang-undang No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara yang menyatakan bahwa 5 tahun setelah UU disahkan seluruh perusahaan tambang wajib membangun smelter dan dilarang mengekspor konsentrat.

Sementara itu, kuasa hukum Freeport Indonesia, Rori Rinto Harsa Wardhana belum berkomentar. “Saya masih mempelajarinya, karena baru mendapatkan perubahannya hari ini, lagipula gugatan asli beda-beda,” kata Rori Rinto.

Karena belum siap, Ketua Majelis Hakim Djamaludin Samosir memberikan waktu satu pekan bagi Freeport untuk memberikan jawaban atas gugatan itu.

 

Sumber: Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: