Berefek Kecil, Menkeu Tak Setuju Harga BBM Turun

indexJAKARTA. Keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) supaya PT Pertamina mengkaji ulang harga bahan bakar minyak (BBM) dan mencari cara untuk menurunkan harga bensin dan solar, sepertinya tidak didukung oleh seluruh kabinet. Salah satu menteri yang kurang sependapat dengan rencana ini adalah Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Menurut Bambang, untuk memberikan stimulus daya beli masyarakat, lebih baik pemerintah menjaga harga kebutuhan pokok tetap rendah, seperti beras, bukan menurunkan harga BBM. “Peranan BBM terhadap inflasi lebih kecil dibandingkan dengan harga beras,” ujarnya, Selasa (6/10). Dengan alasan itulah, daripada menurunkan harga BBM, pemerintah lebih baik akan menjaga harga kebutuhan pokok.

Keinginan Jokowi agar Pertamina dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menghitung ulang harga BBM diungkapkan dalam Rapat Kabinet Terbatas (Ratas) pada awal Oktober lalu.

Menurut Jokowi masih ada ruang bagi Pertamina menurunkan harga BBM jenis premium dan solar, seiring dengan anjloknya harga minyak dunia. Harga minyak mentah dunia saat ini berada pada kisaran US$ 46 per barel. Sementara data Kementerian ESDM menunjukkan mean of platts Singapore (MOPS) minyak solar per Septermber masing-masing turun 18% dibandingkan dengan posisi Agustus 2015. Pada periode sama, MOPS premium turun 8%.

Pemerintah berencana mengumumkan paket kebijakan jilid III pada Kamis (8/10) pekan ini. Dalam paket kebijakan penangkal krisis ini, salah satu fokus yang akan dilakukan adalah mendorong daya beli masyarakat. Banyak kemudian yang berharap di paket kebijakan ini, pemerintah menyelipkan penurunan harga BBM.

 

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: