Darmin: Target Penerimaan Pajak 2016 Sulit Tercapai

1PEMERINTAH sepertinya harus mengevaluasi target setoran pajak tahun depan. Besarnya kekurangan (shortfall) setoran pajak di tahun ini akan membuat target penerimaan pajak 2016 semakin sulit tercapai.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, melihat potensi shortfall penerimaan pajak di tahun ini, target penerimaan pajak di tahun depan akan sulit tercapai. Menurut dia, rancangan Undang-Undang (RUU) Pengampunan Pajak pun tak akan banyak menolong untuk mencapai target pajak tahun depan.

Sebab, masalah utama dalam penerimaan pajak adalah rendahnya pembayaran pajak dari wajib pajak orang pribadi. “Kalau realisasi (pajak) tahun 2015 dipakai sebagai basis untuk mencapai target 2016 akan sulit tercapai,” kata Darmin di Tangerang, Jumat (18/12).

Catatan saja, penerimaan pajak tahun ini diperkirakan hanya 83% dari target dalam APBN-P 2015 yang dipatok Rp 1.294 triliun. Makanya, Darmin mendorong pemerintah untuk merevisi target penerimaan pajak lewat pengajuan APBN Perubahan tahun 2016.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo juga menilai target pajak 2016 tidak realistis. “Paling realistis target pajak tahun 2016 hanya tumbuh 15% dari realisasi 2015,” katanya.

 

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: