PPN Sapi Impor Sebabkan Pajak Berganda

sapiJAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, pemerintah harus mengevaluasi PMK Nomor 267 Tahun 2014 tentang kriteria dan atau rincian ternak, bahan pakan untuk pembuatan pakan ternak dan pakan ikan yang atas impor dan atau penyerahan dibebaskan dari pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN).

Wakil Ketua Umum Bidang Industri Pangan Strategis Kadin Indonesia, Juan Permata Adoe, mengatakan bahwa penerapan PMK Nomor 267 Tahun 2014 justru tidak menjadi instrumen melindungi peternakan lokal, melainkan memberikan biaya tambahan yang membuat semakin mahalnya harga.

“Memang tadinya cuma mau yang impor saja, tapi dalam UU PPn kan tidak gitu, ada PPn masukan dan keluaran, ini yang kadang disalah ngerti, otomatis harga jual kita enggak berubah, PPn yang nambahin,” kata dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (22/1/2016).

“Jadi harga mahal yang di luar bukan karena kita yang naikin harga, PPn yang jadi kandungan,” tambah Juan.

Juan menjelaskan, dalam PMK 267 PPn dikenakan sebesar 10 persen dan tidak boleh dikreditkan. “Daging enggak kena PPn, kalau daging diproduksi lagi jadi bakso, PPn dikenakan ke perusahaan pengolahan daging, otomatis PPn-nya dobel, ini yang jadi persoalan,” imbuhnya.

Kendati demikian, Juan mengungkapkan pertemuannya di Kantor Kemenko Perekonomian dengan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan juga Kementerian Pertanian memiliki semangat yang sama untuk memperbaiki.

“Keinginan-keinginan pemerintah meningkatkan produksi instrumennya bukan fiskal tapi operasional dan kebijakan pasar,” tandasnya.

 

Sumber: Okezone

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: