Pemerintah Siapkan Cara Efisiensi Anggaran 2016

PEMERINTAH kembali menegaskan akan memotong anggaran belanja tahun ini jika program pengampunan pajak dibatalkan. “Kalau tidak ada pengampunan pajak, kita mengajukan APBNP dengan memotong anggaran,” kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Senin (29/2). Tapi pemerintah hanya akan memotong anggaran non prioritas sehingga tidak menghambat pembangunan.

Rencana pemangkasan anggaran terutama akan dilakukan terhadap belanja kementerian dan lembaga, termasuk sejumlah anggaran subsidi. Dia menyebutkan, subsidi LPG berpeluang dikurangi seiring penurunan harga jual. Namun berapa besaran pemangkasan anggaran subsidinya, Bambang masih enggan menyebutkan.

Menteri Koordinator Ekonomi Darmin Nasution menambahkan, belanja non prioritas di luar belanja modal akan dipotong. “Bisa belanja barang, atau belanja rutin non gaji,” katanya. Meski begitu potensi efisiensi yang dihasilkan tidka akan cukup besar menambal deficit, sehingga pemerintah perlu menyusun lagi anggaran yang mengutamakan penciptaan lapangan kerja dan mengurangi ketimpangan.

Ekonom Maybank Juniman menilai, defisit anggaran pemerintah masih berpotensi melebarkan. Di sisa empat bulan menjelang pertengahan tahun ini, pemerintah dapat menerbitkan surat utang. “Pembiayaan dari utang luar negeri sebaiknya menjadi pilihan terakhir,” tambahnya

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: