Perbankan Kaget Ada Aturan Wajib Lapor Transaksi Kartu Kredit ke Ditjen Pajak

credtJakarta -Kalangan perbankan penerbit kartu kredit banyak yang kaget ada aturan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang mewajibkan untuk melaporkan transaksi nasabah kepada Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 39/PMK.03/2016, yang berlaku mulai 22 Maret 2016.
Steve Marta, General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) menyatakan sebelumnya memang sudah ada koordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Ditjen Pajak. Tapi aturan yang dikeluarkan tidak spesifik.

“Banyak yang kaget. Tanya kenapa begini kok tiba-tiba ada peraturan begini, mekanismenya seperti apa,” kata Steve kepada detikFinance, Kamis (31/3/2016).

Steve menyampaikan bahwa kebijakan ini sangat besar dan meliputi berbagai aspek, ada pihak penerbit dan nasabah serta berbagai aturan terkait. Sehinga pemberlakuan langsung pada 22 Maret 2016 terkesan sangat mendadak.

“Ini data detail sekali. mengenai transaksi dan sebagainya,” ujarnya.

Menurutnya, kalangan perbankan perlu menyiapkan secara teknis, seperti sistem teknologi informasi dan sosialisasi ke nasabah. Begitupun dengan Ditjen Pajak, Steve menilai perlu kesiapan untuk menerima data tersebut.

“Di sisi bank perlu ada perubahan yang cukup besar,” tegas Steve.

Dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 39/PMK.03/2016 tertulis data yang harus dilaporkan kepada Ditjen Pajak, berikut daftar bank selaku penerbit kartu kredit. Tahap pertama laporan diterima pada 31 Mei 2016. Menurut Steve hal itu masih belum cukup.

“Harus lebih teknis. Sampai hari ini belum ada arahan caranya nantinya seperti apa,” tukasnya.

 

Sumber: detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: