Percepat waktu tunggu kapal, Bea Cukai percepat proses kepabeanan

Export Import Icons Isolated on White Background

Pemerintah sedang berusaha memangkas waktu bongkar muat barang di pelabuhan atau dwelling time. Selain itu, pemerintah tengah membereskan masalah mahalnya ongkos logistik akibat demmurage time atau waktu tunggu kapal di pelabuhan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengatakan, Ditjen Bea dan Cukai kementerian Keuangan sudah membuka jalur koordinasi dengan berbagai pihak untuk mempercepat penyerahan manifest barang kapal di pelabuhan.

“Kita akan koordinasi dengan pelayanan, otoritas pelabuhan, Kemenhub, Kemendag dan Pelindo sebagai operator, sehingga dari sisi Kepabeanan, kita akan mempercepat penyerahan manifest,” ujar Heru di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (4/4).

Tujuannya, supaya pada saat kapal datang, itu banyak PIB (Pemberitahuan Impor Barang) yang sudah selesai. Karena meskipun kapal belum datang, Bea Cukai itu bisa menerima pemberitahuan impor. Sebelum itu, importir juga bisa mengurus perizinan.

“Kalau dari perizinan sudah selesai, meskipun kapal datang dan kemudian PIB sudah selesai, maka begitu kapal sandar, ini bisa langsung keluar,” tegas Heru.

Heru menambahkan, saat ini prosesnya bisa memakan waktu sehari setelah kapal bersandar di pelabuhan.

“Sebelum kapal datang, itu sudah diserahkan ke Bea Cukai ke portal NSW (national single window). Salah satunya masuk ke Bea Cukai. Tujuan menyegerakan proses itu di depan, tanpa harus menunggu kapal datang,” pungkas dia.

Sumber : Merdeka

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: