Tarif Layanan BPJS Belum Ideal

5JAKARTA. Terbitnya Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 12 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 59 tahun 2014 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan, masih menuai kritik. Peraturan ini dinilai belum maksimal memperbaiki sistem layanan BPJS Kesehatan.

Koordinator Advokasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Watch Timboel Siregar mengatakan, tariff layanan yang dibayarkan BPJS kepada Fasilitas (Faskes) seharusnya menyesuaikan dengan tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi agar memiliki dasar yang kuat.

Selain itu, Timboel juga mengkritik soal tidak adanya perbedaan signifikan antara tariff layanan di daerah terpencil dan kepulauan dengan daerah lain. “Kondisi ekonomi sudah berubah dan sudah selayaknya dinaikkan,” kata Timboel, kemarin.

Sekadar catatan, poin utama dalam Permenkes nomor 12 Tahun 2016 ada dalam pasal 4 ayat 2 yang menyatakan bahwa penggunaan kriteria dalam pertimbangan penetapan besaran tariff kapitasi berdasarkan seleksi dan kredensial dengan menggunakan pertimbangan kriteria sumber daya manusia (SDM).

Adapun kriteria SDM itu hanya mengaci pada ketersediaan dokter dan ketersediaan dokter gigi. Dalam ketentuan sebelumnya, yakni di Permenkes 59 tahun 2014, selain kriteria SDM juga juga mempertimbangkan kriteria tentang kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen pelayanan.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Tonang Dwi Ardyanto mengungkapkan, ketentuan yang ada di dalam Permenkes nomor 12 tahun 2016 sebenarnya memiliki filosofi yang baik yakni penghargaan terhadap pelayanan Faskes. Tapi, ia masih khawatir lantaran hingga kini ketersediaan sumber daya manusia di setiap fasilitas kesehatan belum merata.

Dari hitungannya, dari seluruh Puskesmas di Indonesia sebanyak 9.812 unit di 2015, hanya sepertiga yang memenuhi standar baik. Sisanya terbilang masih terbatas.

Penulis : Handoyo

 

Sumber: Harian Kontan , 30 Mei 2016

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: