Tarif Listrik Naik Lagi Mulai Juni 2016

JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberi sinyal tarif tenaga listrik (TTL) untuk 12 golongan pelanggan yang sudah dicabut subsidinya dan dikenakan skema penyesuaian (adjustment) akan mengalami kenaikan mulai 1 Juni nanti. Sebelumnya, pada Mei lalu, PLN juga menaikkan tarif listrik berkisar Rp 7 per kilowatt hour (kWh) samapi dengan Rp 10 per kWh.

Direktur Utama PLN Sofyan Basyir mengatakan, TTL Juni akan mengalami sedikit kenaikan karena dipengaruhi kurs dollar Amerika Serikat (AS) yang menguat selama dua bulan lalu. “Dollar AS naik, tarif naik tipis,” ungkap Sofyan di Kantor Pusat PLN, Senin (30/5).

Seperti diketahui, tiga komponen pembentuk tarif listrik adalah kurs dollar AS, perubahan harga minyak Indonesia atau Indonesia Crude Price (CPI), dan tingkat inflasi.

Sofyan mengungkapkan, pengaruh dollar AS sangat kuat terhadap pembentukan kenaikan tarif listrik pada Juni tersebut. Pasalnya, listrik yang dibeli oleh PLN dari pembangkit yang dioperasikan oleh pengembang swasta atau Independent Power Producer (IPP) menggunakan dollar AS. “Kurs yang berpengaruh, kami membayar IPP memakai dollar,” tuturnya.

Dia menambahkan, pengaruh harga minyak dalam pembentukan tarif listrik Juni tersebut tidak terlalu besar perannya. Pasalnya, saat ini porsi pembangkit yang mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM) semakin sedikit. “Kenapa tarif naik tipis, karena komponen penggunaan pembangkit basis BBM sudah kecil sekali,” tandas dia.

Sumber: Harian Kontan 31 Mei 2016

Penulis : Pratama Guitarra

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: