Polri Awasi Harga Daging

Setiap memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran, harga daging sapi selalu terpantau tinggi. Kondisi ini memaksa Kepolisian RI dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk ikut turun tangan melakukan pengawasan. Aparat penegak hukum dan wasit persaingan usaha ini siap menggelar penyelidikan apabila menjelang Lebaran in harganya meonjak tidak wajar.

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan, instansinya akan memantau daerah mana yang harga jualnya tidak stabil. “Di beberapa tempat, harga daging dari feedloter ke rumah potong hewan (RPH) atau jagal tidak ada masalah, tapi ketika dar rumah jagal ke pasar ini yang ada masalah,” kata dia, Senin (6/6).

Pihaknya juga menggandeng KPPU untukmengetahu komponen-komponen yang paling mempengaruhi kenaikan harga daging tersebut. Pasalnya, kenaikan harga daging dapat disebabkan murni perkembangan pasar atau lantaran permainan dari pengusaha nakal. “Nanti bisa kami lihat apakah di situ ada permainan atau tidak,” kata dia. Menurut Badrodin, sampai sejauh ini instansinya belum menemukan dugaan adanya permainan pihak-ihak terkait dalam pembentukan harga di pasar.

Syarkawi Rauf, Ketua Komisioner KPPU bilang, persoalan utama tingginya harga daging lantaran kegiatan distribusi di tanah air asih bermasalah. Karena itu, kebijakan impor daging sapi sebanyak 10.000 ton menjelang Idul Fitri ini kurang efektif menekan harga daging bila pemerintah tidak memperhatikan jalur distribusinya. Yakni, pasokan daging atau sapi feedlooter ke RPH, lalu ke pasar lokal. “Kami sudah sudah berikan hukuman kepada 32 feedlooter dengan denda ttalnya Rp 107 miliar,” ujar dia.

Sumber: Harian Kontan, 7 Juni 2016

Penulis : Noverius Laoli

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: