Vale Tampik Tunggak Pajak

BEBERAPA perusahaan kakap mulai angkat bicara soal data penunggak pajak yang diperoleh KONTAN, Kamis (33/6). Salah satunya adalah PT. Vale Indonesia Tbk yang membantah masih memilliki tunggakan kewajiban kepada Negara.

Basrie Kamba Direktur Komunikasi & Hubungan Luar PT. Vale Indonesia dalam pernyataan tertulis kepada KONTAN mengungkapkan, selisih saldo piutang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) per 31 Desember 2015 sebesar USD 1.051.993, berasal dari penetapan kuraang bayar royalti atas penggunaan material pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan pembangunan jalan atau jembatan yang merupakan temuan badan Pemeriksaan Keuangan periode tahun 2000-2004 di Kementerian ESDM.

“Kami telah menyampaikan tanggapan dan penjelasan sejak September 2006 kepada instansi terkait perihal ketidak setujuan kurang bayar itu, karena kami telah melakukan pembayaran terhadap material lain yang diambil dari quarry kepada Dispenda Tingkat I Sulawesi Selatan,” ungkap dia mengklarifikasi berita harian KONTAN, (23/6).

Dia juga menyatakan, dari pertemuan terakhir pada Januari 2016, PT Vale Indonesia bersama Kementerian ESDM masih menindak lanjuti penyelesaian perbedaan ini.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono tak menampik adanya tunggakan royalti tersebut, hanya ia enggan memperinci siapa saja yang punya tunggakan. “Saya tidak tahu nilai pasnya. Kewajiban pemerintah berapa dan kewajiban perusahaan berapa nanti akan kami hitung.” Ungkap dia.

Sumber: KONTAN, 27 Juni 2016

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: