Surya Toto Fokus Menggenjot Ekspor

JAKARTA. Usai menaikkan harga sejak April 2016 lalu, produsen fitting dan saniter PT Surya Toto Indonesia Tbk menyusun strategi untuk menggenjot kinerja, terutama dari ekspor. Meski ekonomi global terguncang, emiten berkode saham TOTO tersebut masih melihat peluang untuk naik.

Setia Budi Purwadu, Direktur Keuangan sekaligus Corporate Secretary Surya Toto Indonesia mengatakan, kenaikan ekspor dilakukan dengan cara mencari peluang pasar baru. “Kami berupaya menaikkan ekspor ke berbagai Negara,” kata Setia Budi kepada KONTAN, Kamis (4/8).

Hingga saat ini, TOTO ekspor ke Asia, Amerika Serikat, Selandia Baru dan Australia. Tak hanya di pasar ekspor, di dalam negeri TOTO melihat peluang penjualan lebih besar. Setia juga berharap, kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) dari pemerintah akan menjadi stimulus bagi bisnis saniter dan fitting.

Sebab, tax amnesty akan meningkatkan pasar property yang berujung kepada kenaikan permintaan saniter dan fitting sebagai produk pendukung property. Sampai semester pertama usai, pendapatan TOTO tercatat Rp 1,10 triliun, turun 6,7% ketimbang pendapatan periode yang sama tahun 2015.

Dari total penjualan, ekspor berkontribusi 25% atau senilai Rp 275,58 miliar. Sisanya atau 75% dari pasar domestic dengan penjualan Rp 830 miliar. Setia menyebut, penjualan di dalam negeri dominan ada di Pulau Jawa. “Penjualan turun sejalan dengan lesunya sektor property,” jelas Setia.

Melirik laporan penjualanya, penjualan produk saniter berkontribusi paling banyak dengan nilai Rp 491,81 miliar. Setelah itu penjualan fitting Rp 577,05 miliar, penjualan peralatan sistem dapur Rp 31,11 miliar dan penjualan elektronik dan aksesori yang berkontribusi Rp 5,36 miliar.

Untuk menyokong kinerja tahun ini, TOTO mengalokasikan belanja model US$ 8 juta dari kas internal. Sampai semester pertama usai, TOTO telah menyerap 65% dana tersebut untuk peremajaan dan pemeliharaan mesin di pabrik fitting dan saniter.

Saat ini TOTO sedang membangun pabrik Saniter di Surabaya dan Gedung Kantor Pusat baru yang keduanya dalam tahap pembangunan fondasi. Untuk pabrik Saniter diperkirakan rampung pertengahan 2017. Sedangkan pembangunan Gedung Kantor Pusat TOTO diperkirakan selesai pertengahan tahun 2018.

Penulis : Eldo Christoffel R

Sumber: KONTAN

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: