Antusias Sambut PAS-Final

PROGRAM Pengungkapan Aset secara Sukarela dengan Tarif Final (PAS-Final) diprediksi tak kalah seksi dibandingkan amnesti pajak. Jumlah peserta program ini bisa tinggi karena mulai tahun depan bakal ada pertukaran data keuangan untuk perpajakan (AEoI). Jadi, tak ada tempat bagi wajib pajak (WP) untuk menyembunyikan aset.

Antusias pengusaha ini terlihat jelas saat Ditjen Pajak menggelar sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 165/2017 yang merupakan payung hukum adanya program PAS-Final. Sosialisasi yang berlangsung di gedung kantor pusat pajak ini diikuti sekitar 300 pengusaha. Mereka antara lain berasal dari Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT), Ikatan Notaris Indonesia, Apindo, HIMBARA, PERBANAS, HIPMI, KADIN, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), Real Estate Indonesia (REI), dan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Pengusaha yang hadir tak hanya duduk manis. Mereka tampak antusias untuk mengajukan pertanyaan seputar PAS Final. Pertanyaan yang diajukan peserta beragam, mulai hal teknis terkait proses balik nama hingga soal kerahasiaan dalam proses balik nama harta berupa tanah dan atau bangunan.

Secara keseluruhan, sosialisasi tentang aturan dinilai cukup bergaung. “Menurut saya sudah cukup jelas. Tinggal bagaimana WP-nya saja buru-buru manfaatkan momentum ini karena Ditjen Pajak juga tetap melakukan proses penegakan hukum,” jelas Wakil Industri Keuangan Non-Bank Apindo Siddhi Widyapratama, usai acara sosialisasi yang berlangsung kemarin di Jakarta.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: