Gugatan Uji Menteri Perppu Pajak Dicabut

JAKARTA. Uji menter atau judical review terhadap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1/2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan, kandas. Sebab pemohon uji materi beleid ini mencabut gugatan uji materi perppu tersebut.

E Fernando M Manullang, pemohon judical review, menyatakan mencabut permohonan uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK) pada persidangan 20 November 2017. Alasan pencabutan ini, “Saya tidak cukup waktu untuk memperbaiki permohonan,” katanya, Selasa (28/11).

Kendati begitu, staf pengajar Universitas Indonesia itu akan mengajukan permohonan judical review kembali dengan pasal dan pokok perkara yang sama. “Paling lambat awal Desember 2018 sudah didaftarkan lagi,” tandas Fernando.

Sebagai gambaran, pada persidangan awal uji materi Perppu No 1/2017 yang di gelar 2 November 2017, majelis hakim konstitusi menyarankan agar Fernando memperbaiki permohonannya. Saran perbaikan permohonan dari hakim MK, antara lain, adalah mencermati kebaruan informasi terkait norma yang mau diujikan.

Maklum, Perppu Akses Informasi Keuangan telah disahkan menjadi UU Nomor 9 Tahun 2017. “Hal ini perlu dipertegas karena akibatnya sangat krusial bagi pemohon sehingga objek tidak relevan,” saran Suhartoyo, ketua majelis hakim.

Anggota hakim konstitusi yang lain, Aswanto, mengingatkan mengenai batas waktu pengajuan permohonan uji materi. Uji materi atas peraturan perundang-undangan yang telah disahkan sebagai UU tidak boleh melebihi 45 hari sejak disahkan.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: