Kriteria Konsultan, Pajak Harus Lebih Jelas

Keinginan Komisi XI DPR RI untuk segera membahas Rancangan Undang-undang (UU) Konsultan Pajak ,menuai tanggapan positif dan negatif.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis Yustinus Prastowo mengatakan, dalam sistem perpajakan yang rumit dan dinamis di Indonesia, konsultan memang memiliki peranan besar. Namun, menurutnya, UU Konsultan Pajak juga harus mengatur jelas pembatasan kriteria konsultan pajak.

Pasalnya, peranan konsultan pajak di sejumlah negara sebenarnya bisa berasal dari profesi berbeda, seperti pengacara, akuntan, hingga auditor. Nantinya, ia berharap pembatasan ini bisa melindungi kepentingan wajib pajak, serta memastikan jasa yang bisa diberikan oleh konsultan pajak tak merugikan negara.

Selain itu, pembatasan kriteria penting karena pada tataran teknis, tak hanya dikenal konsultan pajak, tapi juga dikenal istilah kuasa pajak. Bahkan, banyak negara mendefinisikan konsultan pajak dengan cukup luas mencakup di dalamnya akuntan publik, konsultan pajak, serta analis fiskal.

Menurut Yustinus, RUU tentang Konsultan Pajak harus memperjelas itu, karena bila dilihat dalam UU KUP keduanya dikenal, yakni konsultan pajak dan kuasa pajak. Sehingga terlihat pembedaan perlakuan antara keduanya baik sewaktu memberikan jasa sampai kriteria untuk menjadi konsultan atau kuasa pajak.

Maka itu, Yustinus bilang, pembahasan RUU Konsultan Pajak baiknya menunggu hasil revisi UU Ketentuan Umum dan Tata cara Perpajakan (KUP) yang sekarang sedang dibahas oleh DPR. Selain itu, ia juga menilai Draf RUU Konsultan Pajak perlu perbaikan agar lebih komprehesif. “Serta mengidentifikasi lebih mendalam mengenai latar belakang permasalahan mengapa RUU ini perlu dimunculkan,” ujarnya.

Sumber: Tabloid Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: