Barang Jualan Produk Impor E-commerce akan Dibatasi

Selain mengatur soal perpajakan, pemerintah saat ini juga tengah mempersiapkan aturan yang akan membatasi produk impor yang bisa dijual oleh e-commerce. Dengan aturan yang tenggah menggodok Kementerian Perdagangan (Kemdag) ini maka pelaku bisnis e-commerce akan diwajibkan menjual produk lokal dalam jumlah tertentu.

Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mira Tayyiba mengatakan, pemerintah melihat lurusnya e-commerce adalah dashboard yang terjadi toko offline. “Di e-commerce itu produk lokalnya masih kurang,” ujar Mira, Kamis (25/1).

Oleh karena itu, Mira menjelaskan, pihaknya bersama Kementerian Perdagangan sedang mengkaji ketentuan agar e-commerce lebih banyak menjual produk lokal dari pada produk impor. Namun menurutnya, sampai saat ini belum jelas berapa porsi produk lokal yang bakal diwajibkan untuk dijual oleh e-commerce. Pasalnya, pemerintah masih melakukan sinkronisasi data penjualan e-commerce, baik yang berupa produk lokal maupun impor.

“Terkait ada beberapa banyak produk impor dan lokal di e-commerce datanya masih simpang siur. Kebijakan tidak bisa dibikin tanpa data, oleh karena itu Kementerian Koordinasi Perekonomian beserta asosiasi e-commerce idEA, BPS, Kemdag, Kominfo tengah berupaya mendapatkan data e-commerce Indonesia melalui program pendaftaran penyelenggara sistem elektronik (SPE),” ujar Mira.

Diharapkan aturan ini nanti tidak hanya berlaku untuk pebisnis online, pemerintah ingin peritel offline juga mematuhi kebijakan ini. “Tidak ada gunanya nilai e-commerce dikejar-kejar sedangkan yang ritel offline tidak menerapkan peraturan pembatasan produk impor,” jelas Mira.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: