Syarat Tenaga Kerja Asing akan Dilonggarkan

Jakarta. Pemerintah akan melonggarkan aturan penggunaan tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia. Menurut Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Ekonomi Perekonomian Mira Tayyiba, pemerintah kini tengah memetakan jenis dan kebutuhan TKA. Pemerintahan kini tengah memetakan jenis dan kebutuhan TKA yang akan diberikan kemudahan. “Kami akan melakukan simplifikasi izin dan juga prosedur untuk mendatangkan tenaga kerja asing,” kata Mira, Rabu (31/1).

Penggunaan tenaga kerja asing diatur pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 16/2015 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Dalam beleid itu syarat mempekerjakan TKA antara lain ada rekomendasi jabatan TKA dari instansi teknis terkait. Poin ini menjadi salah satu yang dipertimbangkan untuk dipermudah. “Jadi perlu atau tidak surat rekomendasi. Jangan sampai nanti izinnya tak keluar. Kami pangkas hal yang tak perlu,” ujar Mira.

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas Rabu (31/1) meminta kemudahan izin ini diberikan bagi TKA yang dibutuhkan Indonesia. Menko Perekonomian Darmin Nasution bilang, perbaikan aturan perizinan TKA akan dilakukan dalam dua pekan ke depan.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: