Harga Beras Naik Terdorong Fleksibilitas Pembelian Bulog

JAKARTA. Panen raya padi pada Maret 2018 diperkirakan belum akan mampu mendongkrak penyerapan beras Perum Bulog secara signifikan. Prediksi itu didasarkan pada masih tingginya harga gabah dan beras di tingkat petani dan pemasok.

Walau begitu, panen raya telah menyebabkan realisasi penyerapan beras Bulog naik. Pada awal Maret 2018, penyerapan Bulog di kisaran 4.000 ton per hari. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan rata-rata penyerapan beras Bulog pada Februari 2018 yang rata-rata 1.000 ton per hari. Hanya saja dibandingkan periode sama tahun 2017, penyerapan Bulog saat panen raya tembus di atas 20.000 ton per hari.

Direktur Pengadaan Perum Bulog Andrianto Wahyo Adi bilang penyerapan beras Bulog terus meningkat, walau belum cukup besar. “Sekarang penyerapan memang belum terlalu tinggi karena belum memasuki puncak panen raya,” ujarnya kepada KONTAN, Kamis (8/3). Dia yakin penyerapan Bulog bisa seperti tahun-tahun sebelumnya saat penen raya di atas 20.000 ton saat puncak panen.

Apalagi Bulog memilki kesempatan membeli gabah dan beras dari petani dengan harga lebih tinggi. Hal ini seiring dengan izin fleksibilitas harga 20% di atas Harga Pembelian Pemenrintah (HPP).

Berdasarkan Inpres nomor 5 tahun 2015, HPP gabah kering panen (GKP) di tingkat petani Rp 3.700 per kg. Lalu harga GKP di tingkat penggilingan Rp 3.750 per kg, sementara harga gabah kering giling (GKG) di tingkat penggilingan Rp 4.600 per kg. Lalu GKG di gudang Bulog Rp 4.650 per kg, dan HPP beras di gudang Bulog Rp 7.300 per kg.

Walau ada fleksibilitas itu, Andrianto mengaku Bulog saat ini masih kesulitan menyerap gabah dan beras. “Bila pasokan konstan, maka dengan adanya fleksibilitas itu ada potensi naiknya harga penawaran dari pemasok,” imbuhnya. Hingga Rabu (7/3), penyerapan beras Bulog sebesar 53.424 ton dengan stok sekitar 700.000 ton.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi mengakui ada kenaikan harga saat ini. “Harga beras naik sebagai dampak dari fleksibilitas 20% pembelian Bulog yang diberikan pemerintah,” ujarnya.

Dia bilang stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) masih relatif tinggi sekitar 3.764 ton pada Rabu lalu. Sedangkan stok beras di PIBC mencapai 32.251 ton.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: