Indef sebut sejumlah faktor ini bikin penerimaan pajak merosot

Indef sebut sejumlah faktor ini bikin penerimaan pajak merosot

Ekonom Indef menyebutkan di era Presiden Joko Widodo sudah dua kali tax ratio terus merosot alias tax ratio satu digit. Sebagai informasi, tax ratio 2019 berada di level 9,8%. 

“Artinya kinerja perpajakan di era pak Jokowi amat buruk. Istilahnya bahkan di bandingkan dengan setengah dekade terakhir, tahun 2019 ini yang terendah,” jelas Nailul Huda, ekonom Indef dalam konferensi daring, Kamis (3/9).

Adapun, ia menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja penerimaan pajak yang makin merosot yakni adanya program SPT Tahunan yang semakin tidak efektif. 

Menurutnya, pertumbuhan penerimaan pajak dari SPT Tahunan pada tahun 2019 hanya 1,02%. “Beberapa tahun terakhir wajib pajak ini kebanyakan tidak efektif sehingga cenderung tidak membayar pajak,” ucapnya. 

Selanjutnya, faktor pendorong lainnya yakni , belanja perpajakan yang semakin meningkat namun hasilnya belum mampu mendongkrak penerimaan negara secara signifikan.

“Belanja pajak perlu di evaluasi apakah memang patut atau tidak diberikan ke industri yang notabenenya insentif-insentif pajaknya cenderung menguntungkan beberapa pihak. Seperti kalau dilihat tahun 2016, tax amnesty itu untuk mengakomodir pengusaha nakal yang seharusnya bayar,” jelasnya. 

Kemudian faktor lainnya yakni cukai rokok yang masih bergantung dari aktivitas pabrik. Menurutnya cukai rokok layak ditingkatkan dengan berbagai cara alternatif menggunakan instrumen fiskal seperti simplifikasi cukai.

Sumber: kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: